Tips Agar Anggrek Golden Shower Selalu Berbunga

Diposting pada

Setelah merawat Anggrek Golden Shower dengan baik, sehingga tanaman tumbuh subur, maka kerinduan berikutnya adalah melihat anggrek anda berbunga dengan kompak dan selalu muncul sepanjang tahun. Karena harus diakui, anggrek akan bertambah “harga” dan prestisnya ketika dia sedang berbunga.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan untuk mendapatkan Anggrek Golden Shower yang cepat berbunga adalah sebagai berikut :

Anggrek Golden Shower Selalu BerbungaPemilihan Bibit

Ini adalah tahap awal yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena bibit adalah cikal bakal tanaman yang diharapkan akan memberikan pemandangan dan keharuman bunganya kelak. Perhatikan dengan teliti sebelum memutuskan untuk menanam suatu bibit. Bibit harus sehat, perhatikan semua komponen bibit tanaman, dari akar, daun apakah ada tanda-tanda terserang penyakit atau hambatan pertumbuhan. Pilih yang akarnya sudah tumbuh lumayan banyak, karena akar inilah yang akan menopang kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang bermutu tinggi.

Media Tanam

Jenis media yang paling cocok untuk tanaman Anggrek Golden Shower terdiri dari 2 bagian utama. Bagian paling bawah pot (1/3) adalah pecahan batu bata atau genteng. 2/3 dari media adalah pakis. Ingat, bahan-bahan tadi tidak dicampur, namun disusun atas bawah.

Dengan susunan pecahan genteng atau batu bata akan membuat proses aerasi berjalan lancar. Air yang membasahi media tanam, baik pada saat penyiraman maupun terkena air hujan akan cepat turun dan surut sehingga tidak menyebabkan genangan. Genangan air di media tanam akan menyebabkan jamur dan bakteri yang merugikan tanaman berkembang dengan pesat.

Pakis yang disusun di bagian atas potongan batu bata atau genteng tadi akan menjadi pegangan akar. Bentuk pakis yang sedemikian rupa akan membuat akar bisa berpegangan dengan baik namun tetap menyisakan ruang yang cukup untuk pernapasa akar. Air lancar, udara pun lancar. Tanaman senang 

Hormon

Kurangnya hormon dapat menyebabkan anggrek lambat tumbuh dan berbunga. Jika hal ini terjadi, maka kita harus segera memberikan hormon perangsang pertumbuhan dan bunga dengan jenis dan dosis yang tepat. Hormon yang paling banyak dipercaya oleh pecinta anggrek adalah hormon giberelin yang dapat memacu tanaman anggrek cepat berbunga.
Bagaimana jika hormon giberelin susah didapat? Mengingat hormon ini tidak dijual di sembarang tempat atau orchid nursery. Jangan khawatir, hormon ini dapat digantikan fungsinya dengan bahan alami yang mudah didadapatkan, yaitu air kelapa. Ambil air kelapa sebanyak 150 ml, campurkan dengan 1 liter air. Siramkan pada media tanaman tempat menanam anggrek. Pemberiannya cukup 1 bulan sekali.

Pemupukan

Untuk mendapatkan anggrek yang rajin berbunga, maka setelah tanaman anggrek Golden Shower dewasa, berikan pupuk dengan kandungan P paling tinggi. Bisa menggunakan pupuk jenis akar, daun, maupun slow release (SR). Pupuk akar dengan cara dicampur dengan air sesuai dosis yang dianjurkan (biasanya tertulis di kemasan), kemudian disiramkan di bagian pangkal batang/akar. Pupuk daun dengan disemprotkan di batang dan daun. Atau pupuk Slow release dengan menaburkan di atas media tanam. Pupuk SR akan terurai jika disiram air sedikit demi sedikit, sehingga kita tidak harus terlalu sering menebar pupuknya.

Kelembaban

Kelembaban yang ideal untuk tanaman anggrek golden shower adalah berkisar 60% sampai 80%. Cara paling mudah untuk mendapatkan kelembaban dengan angka tersebut adalah dengan menempatkan pot-pot anggrek di rak yang ada atas kolam ikan. Jika tidak ada kolam, bisa dengan menempatkan beberapa cawan/mangkuk/ember berisi air di sela-sela pot-pot berisi anggrek.

Pemilihan Pot
Pot terbaik untuk mendapatkan anggrek golden shower yang rajin berbunga adalah pot yang terbuat dari tanah liat dan banyak lubang. Tanah liat dan banyak lubang menghasilkan rongga yang membuat akar anggrek dapat bernapas dengan leluasa.

Penyiraman

Kapan waktu terbaik untuk meyiram anggrek? Yaitu pada saat matahari tidak terik, sekitar jam 7:00 – 9:00 pagi atau 15:00 – 17:00 sore. Jika kondisi cuaca panas, lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari. Jika tidak terlalu panas atau sejuk, cukup 1 kali dalam sehari.

Penyusunan Pot

Jangan menyusun secara berjenjang, hal ini akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara. Susun pot-pot anggrek dalam posisi datar agar sirkulasi udara tetap normal

Rumah Lindung

Intensitas sinar matahari yang ideal bagi tanaman Anggrek Golden Shower adalah 60% – 70%. Gunakan atap paranet untuk mengurangi teriknya sinar matahari yang dapat menyebabkan daun dan bunga anggrek terbakar dan mengering.

Dengan perawatan seperti uraian di atas ditambah dengan pengendalian hama dan penyakit, jika dilakukan dengan disiplin tinggi, maka potensi bunga Anggrek Golden Shower untuk selalu berbunga sepanjang tahun akan semakin besar. Selamat mencoba, selamat berkarya…. 

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *