Persiapan Sebelum Mengikuti Kontes Adenium

Diposting pada

Mau mengikuti kontes adenium? Apa saya yang perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya menjelang penjurian atau penilaian? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan selama masa persiapan kontes.Tahap persiapan hendaknya dilakukan 2 bulan (60 hari jika daun tanaman tidak terlalu lebat sampai dengan -75 hari jika daun sangat lebat) sebelum tanggal kontes. Perlu persiapan khusus agar penampilan adenium kita berhasil memukau para juri perlombaan. Dalam masa persiapan tersebut, yang harus dilakukan adalah : Pemindahan tanaman (Repotting) , Penyiraman dan Pemupukan, Pemangkasan dan Finishing untuk perbaikan penampilan.

Repotting

persiapan sebelum kontesMemindahkan tanaman ke dalam tempat yang lebih pas, terutama bagi tanaman yang selama ini menggunakan tempat non permanen. Pot atau wadah memberikan kesan pertama bagi pohon adenium secara umum. Pemilihan pot dengan mempertimbangkan bentuk, warna, ukuran serta motif atau corak. Peletakkan pohon adenium di dalam pot juga tidak boleh sembarangan. Harus diperhatikan bagaimana kemiringan pohon, tata letak, ketinggian dan kedalaman penanamannya. Kedalaman harus pas, dalam arti dapat menopang pohon berdiri pada posisi yang diinginkan, tetapi akar / bonggol dapat terekspos (tidak tertimbun media tanam secara berlebihan).

Pemangkasan atau Pruning

Bagian yang harus dipangkas adalah pada ujung ranting dengan tujuan memicu pertumbuhan daun dan bunga jadi serentak. Pemangkasan ranting dilakukan pada posisi di atas mata tunas yang mengarah ke luar. Daun-daun yang tidak diperlukan atau merusak irama pertumbuhan adenium secara keseluruhan, dapat dibuang. Pengurangan jumlah daun ini , selain bisa “menghemat” nutrisi juga bertujuan mendorong tumbuhnya tunas baru.

Setelah selesai pemangkasan, jika memasuki musim penghujan, sebaiknya tanaman diletakkan di dalam rumah plastik, agar terhindar dari air hujan yang dapat menyebabkan busuknya ranting dan menghambat tumbuhnya tunas baru.

Selesai melakukan repotting dan pemangkasan, hindari langsung menyiram tanaman. Adenium tersebut harus melalui fase puasa air. Tanaman tidak disiram selama 3-14 hari tergantung besar kecilnya ukuran pohon. Makin besar pohon adenium, makin lama periode puasa air, pun demikian sebaliknya, makin kecil ukurannya, makin singkat waktu puasa airnya.

Baca Juga : Kategori Dalam Kontes Adenium

Penyiraman dan Pemupukan

Proses ini dimulai saat selesainya masa puasa air. Untuk kali pertama penyiraman dan pemupukan dilakukan secara bersama-sama. Caranya dengan menyemprot seluruh bagian tanaman dengan cairan yang terdiri dari air dan pupuk dengan kandungan unsur P dan K yang tinggi. Kandungan ini akan merangsang tumbuhnya tunas bunga. Pupuk dengan kandungan N tinggi akan memacu pertumbuhan daun yang lebih besar. Frekuensi penyemprotan seperti ini adalah 1 minggu sekali dengan dosis 1 cc pupuk cair atau 1 gram pupuk padat per 1 liter air.

Berikan juga tanaman semprotan hormon perangsang bunga, bisa menggunakan GA3 atau paklobutrazol setiap 3 hari sekali. Sedangkan penyiraman sama dengan saat perawatan bisa, 1-2 hari sekali.

Estimasi progress persiapan kontes jika mengikuti jadwal / cara perawatan di atas adalah :

15 hari pertama terhitung sejak pemangkasan, akan mulai tumbuh daun.
15 hari ke 2 tunas-tunas bunga akan mulai bermunculan. Jika sudah mulai terlihati tunas bunga, maka pemupukan harus dihentikan karena tunas ini sangat sensitif terhadap pupuk yang dikhawatirkan akan merusak dan menggugurkan tunas bunganya.
15 hari ke 3 bunga – bunga mulai mekar.
15 hari ke 4 mekarnya bunga terlihat serentak dan lebat.

Finishing Penampilan

1 minggu sebelum kontes, perlu dilakukan seleksi daun, yang tidak sehat, menguning, ada bercak ataupun ukurannya yang tidak normal dibuang agar tidak merusak keindahan adenium. Alat yang digunakan untuk memangkas daun bisa menggunakan gunting yang steril. Untuk mensterilkan , oleskan atau semprot dengan alkohol 70% atau bisa juga dengan memanaskannya di atas api. Tunggu mata gunting dingin sebelum digunakan untuk memangkas daun.

1 hari sebelum tanaman di bawa ke acara kontes, periksa kebersihan secara menyeluruh termasuk kebersihan tempat atau pot. Pot yang sudah benar pemilihannya dari segi bentuk , warna, ukuran, corak justru akan mejadi faktor pengurang nilai jika terlihat kotor dan jorok. Tanaman juga harus dibersihkan, lumut-lumut yang menempel di batang bisa dihilangkan dengan mengusapnya dengan kapas yang diberi fungisida. Untuk kotoran biasa (noda tanah dll) bersihkan dengan sikat gigi yang lembut bulunya. Gosok dengan searah, jangan bolak-balik arah gosokannya agar tidak merusak batang.

Sesaat sebelum berangkat, semprotkan vit B1 ke sekujur bagian tanaman pohon adenium untuk meminimalisir resiko tanaman stress selama perjalan. Selamat berlomba, selamat bertanding dalam kontes Adenium. Apapun hasilnya, menang ataupun kalah akan memberikan efek positif bagi para peserta berupa pengalaman dan interaksi dengan para pecinta adenium yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *