Perawatan Agar Mawar Candy Pink Cepat Berbunga

Diposting pada
Menyambung artikel sebelumnya tentang Mengenal Bunga Mawar Candy Pink, berikut lanjutannya…..

Pemupukan – 
Pupuk merupakan suplai nutrisi bagai tanaman agar dapat tumbuh sesuai harapan. Pupuk terbaik adalah pupuk yang berasal dari hewan (pupuk kandang). Namun masalahnya, untuk di kota-kota besar, susah untuk mendapatkannya, karena tidak ada lagi peternakan. Di toko pertanian atau bunga pun, pupuk kandang jarang dijual.Namun jangan khawatir, karena pupuk NPK juga cocok digunakan untuk candy pink. Kandungan dalam pupuk NPK adalah Nitrogen untuk membantu pertumbuhan vegetatif terutama daun, Phospor untuk merangsang pertumbuhan akar dan tunas serta Kalium yang berperan dalam pembentukan bunga.
Cara penggunakan pupuk NPK dengan cara ditaburkan di sekitar tempat tumbuh batang mawar. Dosisinya adalah 10 butir untuk setiap rumppun (pot) setiap 1 bulan sekali. Namun yang terbaik adalah dengan cara mencairkannya terlebih dahulu, kemudian disiramkan di sekitar tanaman. Jangan terlalu sering atau dosis yang terlalu banyak. Karena akan menyebabkan tanaman kepanasan dan akhirnya kering.

 Perawatan Agar Mawar Candy Pink Cepat BerbungaPerkembangbiakan – 
Cara mengembangbiakkan mawar candy pink yang paling gampang adalah dengan stek. Potong batang yang sudah tua kira-kira sepanjang 6 cm. Gunakan alat potong yang bersih, steril dan tajam. Penggunaan pisau yang tidak tajam akan merusak penampang batang.
Tancapkan potongan tadi di tanah. Jangan mencampur tanah dengan pupuk kandang pada proses stek ini karena justru akan menghambat tumbuhnya akar dan tunas. Cukup tanah murni, setelah tumbuh akar dan tunas yang cukup baru ditambahkan pupuk.

Tips agar Mawar Candy Pink Selalu Berbunga

Apa yang lebih menyenangkan dari pada bunga kesayangan yang berbunga secara lebat sepanjang tahun? Untuk mendapatkan Mawar yang rajin berbunga, diperlukan beberapa perlakuan sebagai berikut :

Penyinaran yang cukup

Sinar matahari diperlukan oleh tanaman untuk berfotosintesis. Mengolah nutrisi yang diserap oleh akar menjadi zat-zat yang mudah diserap dan bermanfaat bagi pertumbuhan akar, tunas , daun dan bunga. Letakkan Mawar Candy Pink di tempat yang terkena sinar matahari pagi, jam 7 sampai 10 pagi. Inilah slah satu alasan kenapa penanaman Mawar Pink sebaiknya dilakukan di dalam pot. Mempermudah pemindahan dari satu tempat ke tempat lain sesuai kebutuhan, baik karena efek lat out, maupun guna memperoleh sinar matahari yang optimal.
Keluarkan pot-pot berisi mawar pada saat pagi hari , dan masukkan kembali ke tempat yang teduh pada saat sinar matahari mulai terik. Semakin sering tanaman mendapatkan sinar matahari pagi, semakin sering pula ia akan berbunga.

Pemupukan yang tepat

Gunakan pupuk kandang untuk memperoleh hasil yang optimal. Jika tidak memungkinkan, susah mendapatkan pupuk kotoran hewan, bisa menggunakan NPK dengan aturan dan dosis yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya, yaitu sub tentang pemupukan.

Pangkas secara berkala (pruning)

Pemangkasan dilakukan selain untuk kerapian dan penampilan tanaman juga untuk merangsang pertumbuhan tunas ranting baru. Dengan berkurangnya dahan-dahan tua karena proses pruning, pembagian nutrisi ke masing-masing koomponen juga semakin banyak dapatnya. Sehingga, calon bunga akan cepat terbentuk.

Pelaksanaan proses pruning sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari di mana matahari bersinar dengan bersahabat. Menungkinkan tanaman yang dipangkas untuk dapat beradaptasi dengan baik. Bagian dari tanaman mana yang harus dipangkas? Yaitu ranting-ranting yang sakit (mengering), tumbuhnya tidak sesuai pola atau irama tanaman. Dengan demikian, diharapkan akan tumbuh ranting-ranting dan bunga-bunga yang sesuai dengan harapan kita.

Mawar candy pink membutuhkan perawatan yang ekstra agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, memberikan keindahan tanaman dan bunga seperti yang diharapkan. Dengan langkah-langkah seperti di atas, mudah-mudahan harapan tersebut dapat tercapai. Selamat berkebun…!

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *