Pengenalan dan Perawatan Anggrek Golden Shower

Diposting pada

Jika kita mencari jenis tanaman yang dapat ditanam di luar ruangan sekaligus cocok diletakkan di dalam ruangan, maka jawaban yang sangat mungkin adalah ANGGREK. Jika kita berkunjung ke kantor-kantor, di meja tamu biasanya akan ada cas berisi bunga yang cantik. Dan itu bukan bunga imitasi, tapi asli. Kebanyakan yang kita temui adalah bunga anggrek yang sedang kompak berbunga.

Alasan orang memelihara anggrek adalah untuk dinikmati keindahan dan keunikannya. Anggrek sejak dahulu kala sudah dikenal sebagai simbol kesempurnaan, karena pesona khas yang dimilikinya. Dan tahukah anda, bahwa motif dan bintik pada bunga, mempunyai arti dan makna tersendiri. Namun bukan hal itu yang akan dibahas di sini saat ini, mungkin lain waktu… 

Pengenalan dan Perawatan Anggrek Golden ShowerAnggrek adalah jenis tanaman yang mempunyai jenis dan varietas yang terbanyak di dunia. Untuk di Indonesia, jenis yang paling banyak disukai adalah anggrek bulan. Setiap anggrek mempunyai keunikan tersendiri dan beragam. Keindahan anggrek selain dari bunga, juga dari juluran akar yang eksotik, bulb yang montok dengan berbagai bentuk dan “kesulitan” dalam pemeliharaannya menjadi tantangan yang menyenangkan.

Anggrek memiliki banyak spesies dari genus yang berbeda. Inilah yang menjadikan anggrek sebagai tanaman yang mempunyai keunggulan. Beberapa jenis anggrek tersebut adalah sebagai berikut :

1. Dendrobium adalah anggrek yang paling popuper dan memiliki spesies paling banyak.
2. Phalaenopsis adalah jenis anggrek yang hampir sama populernya dengan Dendro, salah satu contohnya adalah anggrek bulan.
3. Cattleya adalah jenis anggrek yang berbunga besar dan sangat spektakuler.
4. Oncidium adalah anggrek yang memiliki keunikan pada bunganya, misal anggrek golden shower.
5. Grammatophylum, salah satu yang termasuk dalam jenis ini adalah anggrek papua raksasa.

Anggrek Golden Shower

Perkembangan anggrek semakin variatif dengan adanya teknik persilangan atau hibrida. Anggrek Golden Shower merupakan jenis anggrek dari oncidium yang paling digemari para pecinta anggrek. Jenis Oncidium adalah jenis anggrek simpodial, yaitu anggrek yang mempunyai batang lunak, sebagai tempat penyimpanan air. Anggrek jenis ini sangat mudah dalam perkembangbiakkannya, yaitu dengan pemisahan anakan, di mana perkembangan anakannya sangat cepat. ]
Golden Shower mempunyai makna yang mendalam, yaitu tentang simbol kecantikan yang halus dan langka, keindahan dan kasih sayang, rasa cinta, dan kebijaksanaan.

Perawatan

Dibutuhkan ketekunan dalam menanam anggrek jenis Golden Shower, karena anggrek ini memiliki karakteristik tersendiri yang khas. Orang yang merawatnya harus telaten, jika tidak mau gagal. Jika teledor dalam perawatan, maka anggrek akan lambat berbunga, kalaupun berbunga tidak akan kompak sehingga berkurang keindahannya. Akibat yang lebih fatal adalah anggrek akan cepat layu dan mengering.

Anggrek Golden Shower adalah tanaman di dataran tinggi. Namun bukan berarti tidak dapat hidup di dataran rendah. Syarat-syarat agar anggrek ini dapat hidup dengan baik di dataran rendah adalah suhu maksimal 21 derajad celcius, dan kelembaban udara sekitar antara 65 – 70%. Anggrek ini tidak boleh terkena sinar matahari (full sun) secara langsung. Namun masih bisa beradaptasi dengan sinar matahari pagi , antara jam 7 dan 9 pagi. Jika terlalu banyak terkena sinar matahari, maka tanaman akan menguning seperti terbakar, namun jika kurang akan mengakibatkan anggrek tumbuh kurus , daunnya sempit dan panjang.

Untuk dapat tumbuh dengan baik, disarankan agar tanaman anggrek ini digantung di bawah pohon yang rindang. Untuk di Indoor, di dalam rumah, diperlukan perlakuan khusus yakni untuk penyinaran. Bisa dengan memindahkan tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari pagi, atau dengan lampu ultra violet khusus tanaman indor.

Kelembaban linkungan tempat tumbuh anggrek ini juga harus dijaga. Sebagai salah satu tanaman tropis, golden shower membutuhkan kelembaban yang senantiasa terkontrol. Salah satu caranya adalah dengan pemilihan pot dan media tanam yang tepat. Pemupukkan media juga harus menggunakan pupuk khusus anggrek, tidak bisa menggunakan sembarang pupuk jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Bersambung……

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *