Pemberian Pupuk Obat Membentuk Bonsai Adenium

Diposting pada
Sebagaimana manusia atau orang yang ingin membentuk otot-otot tubuhnya dengan rajin melakukan fitnes, dia akan membutuhkan juga tambahan asupan suplemen gizi, vitamin yang diperlukan untuk mempercepat proses pembentukan otot.Demikian juga dengan adenium, untuk mendapatkan keindahan tanaman adenium, selain perawatan-perawatan rutin yang dilakukan seperti reporting, pruning dan lain-lain, juga memerlukan obat untuk membentuk bonsai adenium.

Berikut beberapa pupuk atau obat yang dapat membantu adenium mengeluarkan keindahannya :

1. Pupuk kandang.
Kotoran kambing, sapi dan ayam merupakan pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman bonsai adenium. Namun bukan kotoran yang masih basah. Sebelum penggunaan pada tanaman pupuk kandang harus dikeringkan karena pupuk yang masih basah akan menyebabkan tanaman kepanasan. Pupuk yang sudah kering dilembutkan dan dicampur ke dalam media tanam. Pupuk kandang biasa digunakan pada masa pertumbuhan, mempercepat pertumbuhan akar dan daun.

2. GrowMore
Ada 2 jenis obat/pupuk kimia growmore, yaitu growmore hijau dan merah. Penamaan ini dikarenakan warna bungkusnya. Yang membedakan adalah kandungan NPKnya. Untuk growmore hijau, prosentase kandungan N-P-K = 32 – 10 – 10. Baik digunakan untuk masa pertumbuhan, mempercepat pembentukan akar dan daun dan tunas.

Growmore merah mempunyai kandungan N-P-K = 10—55—10. Berguna untuk membantu mempercepat pembunggan. Untuk adenium dewasa, aplikasikan pupuk ini agar cepat berbunga lebat. Pupuk obat growmore berupa butiran kristal berwarna biru, dilarutkan dengan air sebelum digunakan, bisa dengan disiram langsung ke media tanam, namun lebih baik hasilnya jika disemprotkan pada daun dan batang karena akar adenium sensitif dan tidak tahan lembab. Lakukan penyemprotan pada sore menjelang malam agar hasilnya lebih optimal.

3. Dekastar Banyak pehobi adenium menggunakan pupuk ini. Dekastar ada beberapa macam, dengan berbagai tingkat kandungan N-P-K nya. Dekastar termasuk pupuk majemuk slow release, artinya lambat terurai (lama habisnya) sehingga memberikan keuntungan frekuensi pemberian pupuk yang lebih jarang. Ini akan bermanfaat bagi petani adenium yang mempunyai banyak tanaman yang dirawatnya.

Cara penggunaannya dengan menaburkan pupuk di media tanam. Pupuk secara perlahan-lahan akan terurai bersama media tanam dan diserap akar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pertumbuhan. Demikian beberapa pupuk atau obat membentuk bonsai adenium.

Sebenarnya masih ada banyak lagi. Mungkin di lain waktu, di artikel yang berikutnya akan diulas.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *