Mengenal Mawar Candy Pink

Diposting pada

Mawar merupakan perlambang cinta. Memberikan bunga mawar kepada seseorang bisa diartikan sebagai ungkapan rasa cinta. Mawar dengan berbagai warna yang eksostik membuat bunga ini menjadi primadona. Karena bunga ini sudah lama dikenal di dunia per-taman hias-an , tidak mengagetkan jika kemudian diberi label the legend.

Selain warna, aroma yang dikeluarkan oleh bunga mawar juga menjadi alasan kuat bagi para pecintanya. Inilah yang menyebabkan, bunga mawar banyak yagn diambil minyaknya dengan cara diekstrak, untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan baku sabun, pewangi, pembab kulit maupun obat-obatan.

Mengenal Mawar Candy PinkMacam-macam jenis bunga mawar

Berdasarkan habitat tumbuhnya, mawar terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya :
Hybrid Tea, mempunyai bunga tunggal yang berukuran besar,tangkai bunga panjang dan susunan bunga yang kompak. Bunga ini sering digunakan sebagai bunga potong.

Mawar Flori bunda, tangkainya agak panjang dengan bunga yang menyatu dalam sebuah rangkaian besar.
Mawar Polyantha, rangkaian bunganya berukuran kecil.

Mawar Grandiflora, merupakan perpaduan gabungan antara jenis hybrid tea dan floribunda. Banyak digunakan sebagai pengisi taman maupun bunga potong.
Climbing Rose, sesuai namanya bunga mawar ini lain dari pada yang lain. Biasanya batang mawar tumbuh tegak secara mandiri namun jenis ini merambat dengan bunga yang beragam, ada yang tunggal ada yang rangkap.

Candy Pink, salah satu bunga yang berhasil menyaingi bunga mawar merah dalam hal kepopulerannya. Bunga mawar jenis ini termasuk mudah dibudidayakan. Bunga yang lebat akan semakin memancarkan aura kecantikan.

Perawatan Mawar Candy Pink

cara menanam mawar candy

Habitat aslinya berada pada daerah beriklim sedang. Jadi tanaman ini bukan asli Indonesia. Namun dengan seiring berkembangkan teknik grafting memungkinkan untuk beradaptasi dengan iklim sub tropis dan tropis sebagaimana negara kita. Pecinta tanaman hias di sini pun bisa ikut memelihara dan menikmati keindahan bunga ini.

Jika kita menanam Mawar Candy Pink di lingkungan beriklim tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian air dan nutrisi secara rutin. Penyiraman dilakukan 2 kali dalam sehari jika cuaca panas. Sedangkan untuk nutrisi dilakukan dengan pemberian pupuk, baik anorganik maupun organik.
Jaga kondisi media tanam agar selalu gembur. Jika sudah terlalu padat, dapat dilakukan penggemburan kembali agar menjadi porous. Tanah yang telalu padat akan menghambat penyerapan air dan nutrisi oleh tanaman karena akar tidak leluasa bernapas.

Pruning atau pemangkasan tanaman juga diperlukan jika Mawar Candy Pink sudah terlalu rimbun. Selain mempercantik penampilan, pruning juga bermanfaat untuk mengurangi pendistribusian nutrisi. Dengan begitu nutrisi dapat benar-benar dioptimalkan untuk pertumbuhan bunga. Daun dan batang yang terlalu rimbun akan menyerap nutrisi sehingga bagian untuk pertumbuhan bunga berkurang.

Pembibitan

Untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas,dimulai dari pemilihan bibit yang benar. Bibit mawar candy pink dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu : bibit stek dan bibit tanaman dewasa. Bingung di mana mendapatkannya? Mawar jenis ini banyak dijual di tukang-tukang taman yang keliling komplek, atau di toko-toko tanaman hias.

Media tanam

Media tanam terbaik untuk menanam mawar jenis ini adalah campuran antara tanah yang berwarna hitam , humus atau kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 tanah, 2 kompos dan 1 pupuk kandang.

Penanaman bunga

Meski bisa ditanam di media tanah secara langsung, namun tempat terbaik untuk menanam Mawar Candy Pink adalah dengan menggunakan pot. Alasannya, dengan menanam dalam pot, maka kondisi kesuburan media tanam mudah untuk dikontrol. Posisi bunga pun dapat dipindah-pindah dengan leluasa jika suatu saat akan dilakukan perubahan lay out taman.
Menanam di tanah secara langsung biasanya dilakukan dalam upaya pembudidayaan. Media yang luas memungkinkan tanaman berkembang dengan leluasa. Karena tujuan dari penanaman bukan pada keindahan lay out taman, semata-mata untuk memperbanyak tanaman.

Penyiraman


Penyiraman dilakukan 2 kali dalam sehari, jika kondisi cuaca sangat panas. Jika tidak , maka dapat dikurangi menjadi 2 kali saja. Jangan terlalu berlebihan dalam menyiram, tandanya air menggenang. Genangan air akan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat membahayakan perkembangan tanaman.
Jika musim hujan dan tanaman terkena air hujan secara langsung, maka lakukan penyemprotan daun dan batang dengan air biasa. Air hujan mengandung asam yang dikhawatirkan akan memberikan efek negatif ke pertumbuhan tanaman, khususnya Mawar Candy Pink yang memang agak sensitif.

Bersambung di artikel berikutnya….

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *