Manfaat Bagian Tanaman Bunga Matahari

Diposting pada

Manfaat bunga Matahari Untuk Kesehatan

Selain keindahan bunga yang enak dipandang, ternyata bunga matahari mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tanaman bunga matahari dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti di bawah ini :

1. Obat Sakit Kepala
Caranya : rebus bunga matahari (kira-kira 30 gr) rebus dengan 3 gelas air bersama telur ayam yang masih utuh (tidak dipecah telurnya). Sampai berapa lama rebusnya? Sampai air rebusan tadi, dari 3 gelas menjadi kira-kira ½ gelas. Air inilah yang diminum 2x sehari sesudah makan.

Bunga Matahari Bigsmile

2. Obat Rematik
Caranya : ambil tangkai kepala bunga matahari kemudian rebus sampai menjadi kanji. Kanji itulah yang digunakan sebagai obat dengan dioleskan pada bagian yang sakit.

3. Obat susah buang air besar/kecil
Caranya : Ambil akar bunga matahari (kira-kira 15-30 gr). Pastikan akar berasal dari tanaman bunga matahari yang masih segar. Rebus akar tersebut dengan 3 gelas air bersih. Setelah air tersisa kira-kira ½ gelas, saring airnya, minum saat air masih hangat.

4. Obat infeksi saluran kencing
Caranya : sama dengan No. 3

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Teringat dulu waktu kecil, kwaci bunga matahari menjadi jajanan primadona kala itu. Rasa yang gurih dan jumlah yang banyak mungkin menjadi daya tarik utama, bisa dibagi-bagi dengan teman sepermainan. Dibalik itu, ternyata biji matahari ternyata mempunya kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh. Vitamin E yang dikandungnya dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang menangkat radikal bebas.

Berikut daftar manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan kita :

1. Mencegah Osteoporosis dan Kram Otot
Kuaci mengandung magnesium yang tinggi. Kandungan ini dapat menjaga keseimbangan kalium dan kalsium dalam tubuh. Selain itu, magnesium akan menguatkan tulang, mencegah pengeroposan tulang, mencegah kram otot dan sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan pada kuwaci bunga matahari yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit adalah lipid asam lemak essensial. Kandungan ini melindungi kulit dari panas matahari dan polusi. Ditambah vitamin E sebagai antioksidan, membuat kuat lebih lembut dan sehat.

3. Mencegah diabetes
Kandungan magnesium dalam kuwaci biji matahari dapat memberikan perlindungan dan mengurangi resiko diabetes tipe 2. Nutrisi di dalam biji kuaci jg dapat memberikan efek menurunkan gula darah.

4. Minyak yang berasal dari biji matahari mempunyai segudang manfaat karena minyak yang dihasilkan memiliki kandungan lemak tak jenuh. Apa saja manfaat dari minyak biji matahari? Berikut beberapa di antaranya :

a. Menjaga organ jantung dan otak
Kandungan Omega 6 pada minyak biji matahari bila dikonsumsi yang cukup akan menjadi nutrisi bagi kesehatan dan kekuatan jantung dan otak. Idealnya, agar mendapat manfaat yang optimal dari Omega 6, kita harus mengkonsumsi minimal 11-14 gram per hari.

b. Mengobati jerawat
Minyak biji bunga matahari dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Cara menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak pada jerawat secara langsung. Kandungan asam lemak esensial dan Vitamin di dalamnya kan melindungi kulit dari bakteri yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *