Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Bunga melati adalah jenis bunga yang banyak diminati oleh semua orang. Ciri khusus bunga melati memiliki warna putih bersih dan baunya wangi semerbak. Bunga melati memiliki mahkota yang bercabang. Dalam satu tangkai terdapat beberapa bunga baik yang sudah mekar maupun masih kuncup. Warnanya yang putih bersih memiliki filosofi lambang kesucian. Oleh sebab itu, di Indonesia melati dijadikan sebagai bunga simbol nasional atau puspa bangsa.

Sering kita jumpai bahwa melati digunakan sebagai bahan pewangi alami yang biasanya terdapat pada parfum. Namun, ternyata melati juga memiliki khasiat hebat dalam hal kesehatan. Bahkan dari zaman dahulu telah banyak pengobatan yang menggunakan melati sebagai obat herbal.
Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan

khasiat bunga melati untuk kesehatanJika Anda ingin mendapatkan obat herbal dalam hal kesehatan, ternyata melati memiliki banyak khasiat. Cara mengkonsumsinya pun tidak harus secara instan seperti yang ada dalam produk teh seduh. Anda dapat merebus daun melati secara langsung kemudian diambil airnya. Berikut khasiat bunga melati untuk kesehatan.

1. Obat sesak nafas
Anda dapat merebus bunga melati kemudian meminum airnya pada waktu pagi dan sore. Dengan cara herbal tersebut, asma atau sesak nafas yang diderita akan berangsur-angsur sembuh.

2. Menjauhkan dari kanker
Bunga melati memiliki antioksidan yang tinggi. Oleh karenanya, bunga melati dapat menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

3. Mencegah kolesterol
Kolesterol dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Anda dapat mencegah hal itu dengan cara mengkonsumsi teh melati secara rutin.

4. Mengeluarkan racun pada tubuh
Racun dalam tubuh disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, racun haruslah dibasmi dengan cara membuat melati sebagai teh.

Khasiat Bunga Melati untuk Kecantikan

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dengan kulit bersih dan segar. Bunga melati memiliki zat kimia yang bermanfaat untuk kecantikan seperti berikut.

1. Mengatasi jerawat
Jerawat adalah salah satu hal yang menyebabkan seseorang tampil tidak percaya diri. Dengan menggunakan masker melati, maka jerawat akan hilang. Caranya cuci bersih bunga melati kemudian ditumbuk sampai halus. Oleskan pada wajah sampai merata. Bilas menggunakan air bersih.

2. Mencegah penuaan dini
Melati dapat menghaluskan kulit sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Radikal bebas yang berdampak mengerutkan kulit akan tertangkal oleh teh melati. Oleh sebab itu, konsumsilah teh melati adalah cara tepat mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi rambut patah
Rambut rontok dan mudah patah merupakan masalah yang sulit diatasi. Terkadang penggunaan obat herbal pun belum dapat mengatasi kerontokan rambut. Namun, saat ini Anda perlu mencoba melati sebagai obat penguat rambut dengan cara memakainya seperti masker rambut.

4. Menghindari bau badan
Bau harum melati juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Caranya seduh bunga melati yang diletakkan dalam gelas. Agar hasilnya lebih maksimal, minumlah air tersebut setelah diendapkan dalam waktu satu malam. Hal ini bertujuan agar kandungan dalam bunga melati lebih terseduh dengan baik.

Itulah beberapa khasiat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan. Apabila dulu hanya mengetahui melati sebagai tanaman hias dan kecantikan, ternyata saat ini melati memiliki banyak khasiat dalam hal kesehatan. Melihat akan hal itu, budidayakanlah bunga melati di pekarangan rumah Anda. Minumlah teh melati secara rutin agar badan tetap terjaga kesehatannya.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *