Keuntungan Memelihara Bunga Adenium

Diposting pada

Apakah Anda termasuk penggemar tanaman hias? Berbicara soal tanaman hias yang cantik, ada tanaman anggun yang menawan. Namanya Bunga Adenium. Ada juga yang menyebutnya sebagai tanaman Kamboja Jepang padahal asalnya bukan dari Jepang. Bunga ini berasal dari Afrika dan Asia Barat. Mungkin alasannya karena tampilan bunganya yang cantik seperti bunga-bunga asal negara Jepang.

Jika ingin memilikinya, Anda harus merogoh kocek lumayan mahal untuk membeli bunga Adenium. Menanam tanaman bunga Adenium bisa dijadikan hobi bahkan sebagai ladang usaha. Pasalnya, harga bunga Adenium untuk saat ini lumayan stabil di pasaran sehingga sangat cocok dijadikan bisnis. Berbeda dengan harga tanaman hias lainnya yang cederung tidak stabil sehingga di musim tertentu bisa sangat mahal dan sebaliknya harga bisa turun drastis.

Keuntungan menanam bunga Adenium

Selain karena harga bunga Adenium stabil, masih ada beberapa keuntungan lainnya jika berkeinginan mengoleksi bunga Adenium.

– Perawatan mudah

Bunga Adenium termasuk tanaman hias yang tidak sulit perawatannya. Tanaman ini bisa tumbuh subur di Indonesia. Supaya tanaman bisa tumbuh baik, usahakan terkena cahaya matahari secara langsung. Tanaman ini termasuk tanaman tropis yang tidak membutuhkan banyak air. Jadi, jangan terlalu menyiramnya. Gunakan media tanam yang mudah dilalui air, tapi tidak menyerapnya sehingga akar tanaman tidak terlalu lembab. Kelembaban berlebihan akan menyebabkan akar membusuk dan kematian tanaman. Jadi bagi anda yang saking sibuknya sampai lupa menyiram tanaman, agak cocok kiranya memelihara bunga ini.

– Mudah diperbanyak

Anda bisa memperbanyak tanaman bunga Adenium dengan mudah. Pembibitan bisa dilakukan melalui biji ataupun batangnya. Pembibitan dengan biji relatif lebih lama untuk mendapat kan kuntum bunga adenium. Pasalnya, dari semai sampai bisa berbunga kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun. Namun adenium bukan hanya bunganya yang bisa dinikmati, bentuk bonggol, batang dan cabang serta daun pun bisa menciptakan keindahan sempurna.

Untuk pembibitan dengan batang relatif lebih cepat karena sistem stek berasal dari batang yang sudah dewasa. Banyak penikmat adenium khususnya kuntum bunga menggunakan metode ini. Jangan mengharap bonggol dan akar yang kekar jika membudidayakan adenium dengan metode stek batang.

– Harga jual tanaman semakin besar semakin mahal

Keuntungan dari mengoleksi bunga Adenium ialah harganya semakin mahal jika ukurannya semakin besar. Anda bisa menanam bunga ini untuk mendapatkan keuntungan besar. Setelah tumbuh besar, pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan tanaman yang masih memiliki ukuran kecil.

Anda dapat membentuk arah cabang dengan berbagai teknik. Lain waktu akan saya tulis di sini beberapa teknis tersebut yang biasa dilakukan untuk memperoleh batang dan cabang adenium yang sesuai selera. Dahan dan batang yang lentur menjadi keuntungan tersendiri bagi tanaman ini sehingga mudah dibentuk sedemikian rupa.

Adenium bukan sebatas bunga. Kelopak dan mahkota bunga yang berwarna warni memang indah, tapi bentuk bonsai yang meliuk-liuk dengan akar yang kokoh menjadi nilai tambah tersendiri. Makanya, di dalam kontes adenium ada kategori dengan bunga maupun tanpa bunga.

Nah itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menanam bunga Adenium. Penasaran berapa harga tanaman ini? Harga tanaman bunga Adenium di Indonesia sekitar Rp.50.000 sampai Rp.1.000.000. Harganya bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran bunga tersebut. Harga tersebut masih tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan harga bunga adenium di luar negeri. Untuk memperoleh harga yang jauh lebih murah , Anda bisa membeli bibit tanaman yang ukurannya masih kecil atau menanam Adenium dari bijinya.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *