[JUAL] Biji Benih Tanaman Daun Saga

Diposting pada

Di Fresia Farm, ada menjual benih daun saga berupa biji, juga menyediakan bibit tanaman saga yang sudah berumur > 1 bulan. Jika kita kerepotan untuk menyemai (menumbuhkan dari biji), disarankan untuk membeli yang sudah berupa bibit tanaman. Pengalaman saya, dengan lama pengiriman 3 hari (menggunakan JNE REG), tanaman masih datang dengan kondisi segar.

Sesuai dengan keterangan yang ada di lapak Fresia Farm, bahwa sebagian besar bibit, benih yang dijual berasal dari tanaman sendiri. Bukan kulakan dari Toko Benih kemudian di-repackage. Quality Control dilakukan dengan menyeleksi biji hasil panen. Dilakukan random sampling atas hasil panen dengan cara dipilih biji secara acak, kemudian disemaikan untuk mengetahui kemampuan tumbuh benih tersebut.

Jual benih biji daun saga

Benih akan dalam periode panen tersebut akan dijual jika hasil penyemaian dengan benih random sampling berhasil tumbuh minimal 80%. Jika hasilnya di bawah itu, maka biji dalam periode panen tersebut tidak akan dijual. Biji-biji tersebut akan disemai sendiri, untuk kemudian dijual dalam bentuk bibit jika memang memenuhi syarat.

Fresia Farm juga memberi panduan tentang cara penyemaian yang baik dan benar. Jadi cara melakukan penyemaian biji daun saga adalah sebagai berikut :

Persiapan Media tanam


Media tanam yang paling baik adalah campuran tanah, pupuk kompos dan sekam bakar. Media tanam ini banyak di jual di tukang taman (penjualan tanaman hias) yang sudah dikemas dalam karung plastik. Jika tidak mau repot, silakan beli aja 
Tempatkan media tanam di dalam wadah, bisa berupa pot , nampan maupun plastik. Pastikan terdapat lubang atau saluran aerasi pada wadah tersebut sehingga air dapat bergerak dengan leluasa, tidak menyebabkan genangan di dalam wadah media tanam

Penanaman


Buat lubang di dalam media tanam, sedalam kurang lebih ½ cm. Jangan terlalu dalam, karena akan mempersulit tunas yang baru tumbuh untuk menembus media tanam ke permukaan. Taruh biji saga ke dalam lubang, 1 lubang 1 biji saga, kemudian timbun dan tutup kembali dengan media tanam sampai semua bagian biji tertutup sempurna. Tidak perlu dipadatkan media tanamnya.

Penyiraman

Lakukan penyiraman sehari 1 – 2 kali. Usahakan agar media tanam selalu basah, namun tidak tergenang. Jika media tanam sempat kering dalam masa penyemaian ini, akan mengakibatkan tunas yang mau muncul “mengurungkan” niatnya. Tidak jadi tumbuh. Ini akan menambah lama waktu penyemaian.
Genangan air akan mengakibatkan tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan benih menjadi busuk dan rusak. Benih yang busuk tidak akan dapat tumbuh lagi.

Lama waktu penyemaian normalnya adalah 1-2 minggu. Jika sampai dengan 1 bulan benih tidak tumbuh, lakukan pemeriksaan dengan cara sebagai berikut :
1. Gali tempat menanam benih
2. Periksa biji saga. Ada 3 kemungkinan : yang pertama biji sudah mulai tumbuh tunas (tanam kembali), yang kedua biji sama sekali tidak berubah (tanam kembali) atau biji rusak dan busuk (buang benih karena sudah tidak bisa tumbuh lagi).

Hal yang harus diperhatikan dalam menanam Saga :
1. Jangan gunakan campuran pupuk kandang yang belum matang (basah, lengket, panas)
2. Lubang tanam jangan terlalu dalam (1/2 cm) agar tunas baru bisa menembus ke permukaan.
3. Media tanam harus selalu basah, namun tidak boleh tergenang

 

Incoming search terms:

2 thoughts on “[JUAL] Biji Benih Tanaman Daun Saga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *