Jenis-Jenis Bunga Mawar yang Sangat Indah

Diposting pada

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki nilai kecantikan tinggi. Bunga yang berciri khas batang berduri ini sangat disukai oleh sebagian kaum wanita. Bukan hanya keelokan warna dan bentuknya saja, tetapi juga karena aromanya yang harum segar. Bunga mawar seringkali menjadi sasaran fotografer untuk objek dokumentasi. Bahkan, para seniman seperti pelukis juga gemar melukis bunga mawar sebagai hasil karyanya untuk dipamerkan ke mata dunia.

Bagi Anda pecinta bunga mawar, sudah tahukah aneka jenis bunga mawar? Ternyata bunga mawar tidak hanya berwarna merah atau putih saja, tetapi ada beberapa warna yang memiliki nilai filosofi tersendiri. Jenis bunga mawar dikelompokkan dalam tiga kelompok spesies, yaitu kelompok mawar liar, mawar taman kuno, dan mawar taman modern. Agar lebih mengenal jenis-jenis bunga mawar berikut pembahasannya.

Pengelompokkan Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Warna

Jika selama ini Anda hanya mengenal dua jenis warna mawar yakni merah dan putih, berikut pengenalan jenis mawar berdasarkan warnanya.

1. Mawar merah

bunga mawar merah

Mawar merah memiliki arti cinta kasih. Jenis mawar merah seringkali digunakan untuk mengungkapkan perasaan terhadap orang yang disayanginya.

2. Mawar putih

bunga mawar putih

Putih berarti suci. Oleh sebab itu, mawar putih melambangkan suatu jalinan yang sejati. Mawar putih tepat diberikan kepada sahabat.

3. Mawar kuning

bunga mawar kuning

Bunga mawar kuning memiliki filosofi sebagai rasa gembira, kenangan, dan kekeluargaan. Jika Anda ingin memberikan kepada sahabat, mawar kuning adalah pilihan yang tepat.

4. Mawar merah muda

bunga mawar pink

Warna merah muda atau pink memiliki filosofi wana yang melambangkan kelembutan, penghormatan, damai. Biasanya pemberian mawar merah muda dimaksudkan untuk orang yang disegani sebagai ungkapan terima kasih.

Jenis-jenis Bunga Mawar Berdasarkan Spesiesnya

Setiap spesies bunga mawar memiliki corak warna yang berbeda. Baik mawar rambat maupun mawar semak, keduanya sama-sama memiliki nilai kecantiakn yang mempesona.

1. Bunga mawar liar
Dikatakan sebagai bunga mawar liar karena tumbuh secara liar. Jenis mawar ini sudah ada sejak lama dan corak warnanya juga sederhana. Namun, kesedrhanannya bukan berarti mnjadikan jenis bunga ini terlihat biasa. Kecantikannya tetap terpancar dan banyak pula yang menyukai jenis mawar liar ini.

2. Bunga mawar taman kuno
Bunga mawar kuno memiliki ciri khusus yang uni, yaitu bunganya tumbuh dengan rumit sehingga terlihat besar. Ada beberapa macam bunga mawar taman kuno antara lain:

Spesises dari Eropa berupa mawar alba, mawar gallica, mawar cettifolia.
Spesies Amerika Serikat berupa mawar Callifornia, mawar Ntida.
Spsies Timur Tengah ada mawar Damasca, mawar Perciana.
Spesies Jepang ada mawar Jasminoidesu, mwar Fujisanesis.

3. Bunga mawar taman modern
Bunga mawar taman modern memiliki ciri khas dengan kelopak ganda bunga yang serasi. Bunga mawar yang cantik tidak tergantung oleh musim saja, tetapi akan tumbuh di sepanjang tahun. Oleh karenanya, Anda dapat menikmati keelokan bunga mawar ini. Jika diamati, Anda mungkin sering menemukan bunga mawar taman modern layaknya bunga yang Anda berikan untuk orang-orang tertentu.

Bunga mawar taman modern yang dikenalkan pertama adalah mawar hybrid tea. Jenis bunganya sering dijadikan sebagai mawar potong karena dapat tumbuh dengan cepat. Biasanya sering digunakan untuk acara pernikahan karena ciri bunganya besar dan mmiliki mahkota yang rapat, dan baunya semerbak harum.

Itulah jenis-jenis bunga mawar berdasarkan pengelompokkan warna dan spesiesnya. Masih banyak spesies bunga mawar lainnya yang tersebar di penjuru dunia beriklim tropis. Hal ini disebabkan bahwa bunga mawar lebih cocok tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *