Jenis-Jenis Bunga Anggrek yang Dapat Dibudidayakan

Diposting pada

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memiliki nilai keindahan tinggi. Di Indonesia keberadaan bunga anggrek bukanlah menjadi hal asing lagi. Banyak yang menyukai bunga hias ini khusunya para kaum hawa. Bunga anggrek dapat dijadikan sebagai hadiah untuk orang terdekat atau dapat juga untu hiasan sebuah dekorasi. Mengingat banyaknya peminat anggrek, budidaya tanaman anggrek pun sangat digemari oleh masyarakat.

Budidaya tanaman anggrek berdasarkan jenisnya

Macam-macam budidaya anggrekBanyak jenis bunga anggrek yang dapat dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, perawatan bunga anggrek memerlukan keuletan yang tinggi. Hal ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh subur, terhindar dari hama, dan menghasilkan bunga yang diimpikan. Beberapa jenis bunga anggrek yang banyak diminati masyarakat untuk dibudidayakan antara lain sebagai berikut.

1. Anggrek bulan
Dinamakan sebagai anggrek bulan karena bunga ini memiliki ciri yang hampir sama dengan bulan. Ciri-cirinya yaitu berwarna putih dan memiliki corak warna merah kekuningan. Tanaman ini banyak dijumpai di wilayah Kalimantan Barat.

2. Anggrek sendok
Mendengar nama bunga Anggrek sendok secara tidak langsung Anda akan membayangkan alat makan berupa sendok. Ya, bunga ini memiliki bentuk lengkung seperti sendok. Ciri khusus bunga anggrek sendok adalah berwarna kuning cerah. Pada bagian tengah bunga terdapat warna merah.

3. Anggrek tebu
Jenis bunga anggrek yang satu ini memang berbeda dengan anggrek lainnya. Dilihat dari ukuran tinggi dan besarnya, anggrek tebu dapat tumbuh tinggi sampai ketinggian 1 hingga 2 meter. Inlah sebabnya dikatakan sebagai anggrek tebu.

4. Anggrek kasut kumis
Anggrek kasut kumis memiliki ciri warna ungu dan hijau. Bunga ini memiliki kantung dan bergantung seperti halnya kantung semar. Pada bagian bunga terdapat bulu seperti bentuk kumis yang berwana merah. Itulah sebabnya dinamakan sebagai bunga anggrek kasut kumis.

5. Anggrek kebutan
Anggrek kebutan memiliki ciri yang menawan jika dipandang. Warana identik orange dengan bunga yang berkerumun menjadikan bunga ini sedap untuk dilihat. Jenis bunga anggrek ini sangat istimewa karena tergolong dalam spesies anggrek langka sehingga dilindungi.

6. Anggrek kerlip
Anggrek kerlip banyak dibudidayakan karena kecantikannya., warna khas bunga anggrek kerlip adalah berwarna ungu cerah.

7. Anggrek serat
Dilihat berdasarkan namanya sudah dapat diketahui bahwa jenis naggrek ini memiliki banyak serat. Kandungan serat yang terdapat pada anggrek ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat anyaman. Anda akan menemukan anggrek serat secara mudah di wilayah Sulawesi Tenggara.

8. Anggrek calus vanda
Keunikan kelopak dari bunga anggrek callus vanda menjadikan masyarakat banyak yang berminat membudidayakannya. Spesies jenis anggrek ini sangat banyak kurang lebih terdapat 40 spesies yang tersebar di dunia termasuk Indonesia.

Itulah jenis-jenis bunga anggrek yang berada di Indonesia. Tanaman anggrek dikatakan sebagai tanaman langka karena sedikit yang berminat untuk membudidayakannya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menggemari tanaman tempel ini untuk dibudidayakan. Anggrek tidak hanya dapat dijadikan sebagai hiasan saat dekorasi saja, tetapi juga bermanfaat untuk membuat bahan kosmetik seperti parfum, lotion, dan sebagainya.

Perawatan Bunga Anggrek

Untuk merawat tanaman anggrek, Anda perlu mempelajarinya secara khusus. Tanaman ini lebih menyukai daerah yang memiliki hawa lembab. Kategori lembab bukan berarti tergenang akan air karena kandungan air berlebih justru akan membusukkan tanaman hias ini. Selain itu, tanaman anggrek juga tidak cocok jika terkena sinar matahari secara langsung. Jika ingin menaruh anggrek agar terkena sinar matahari sebaiknya jangan letakkan pada tempat yang terkena paparan matahari langsung.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *