Ini Dia Cara Menanam Bunga Melati Dengan Mudah

Diposting pada

Melati merupakan salah satu jenis bunga yang kaya manfaat. Selain sebagai penghias taman, bunga melati seringkali digunakan sebagai bunga yang hadir dalam berbagai kesempatan upacara tradisi di Jawa. Beberapa jenis bunga melati juga bisa dijadikan sebagai campuran teh. Sebenarnya, terdapat lebih dari 200 spesies bunga melati. Namun hanya beberapa saja yang dibudidayakan oleh manusia karena memiliki manfaat bagi manusia. Apakah kamu memiliki salah satu jenis bunga melati di rumah? Tahukah kamu bagaimana cara mengembangbiakannya??

Bagaimana cara menanam Bunga Melati?

gambar bunga melatiMengembangbiakan bunga melati bukan merupakan hal yang sulit. Jadi, kamu bisa mencoba untuk mengembangbiakannya sendiri di rumah. Ada beberapa cara perkembangabiakan tanaman melati yang bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kamu bisa mencoba untuk mengembangbiakannya dengan cara mencangkok, menyetek, maupun merunduk. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

• Cangkok

Kebanyakan tanaman memang bisa dikembangbiakan dengan cara dicangkok. Cara mencanngkok bunga melati pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Lalu, inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencangkok bunga melati.

1. Pilihlah batang yang cukup besar. Selain batang yang cukup besar, pilihlah pula batang yang segar dan berdaun.
2. Mulailah dengan mengerat bagian batang secara melingkar dengan menggunakan pisau.
3. Kupaslah kulit batang dan bersihkan bagian kambiumnya
4. Tutup bagian yang dikerat tersebut dengan menggunakan tanah dan sabut kelapa
5. Setelah berusia kurang lebih 2 hingga 3 bulan, potonglah bagian yang dicangkok untuk ditanam pada tanah lainnya.
6. Agar mendapatkan hasil yang baik, kamu bisa mencangkok bunga mawar pada musim hujan.

• Setek

Setek bisa dilakukan pada tanaman bunga melati. Cara perkembangbiakan bunga melati dengan cara menyetek. Menyetek bunga melati merupakan salah satu metode yang palng banyak digunakan bagi para petani melati. Lalu, inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam menyetek bunga melati.

1. Pilihlah tanaman bunga melati yang sudah cukup umur. Jangan memilih tanaman yang terlalu muda dan terlalu tua.
2. Potonglah dengan ukuran 20 cm dengan cara menyerong atau pun meruncing. Lalu, jangan lupa untuk menghilangkan sebagian daun pada batangnya. Ini bertujuan untuk mengurangi penguapan
3. Olesi ujung batang yang dipotong menggunakan suatu obat yang bisa merangsang pertumbuhan akar
4. Jangan lupa untuk menaruhnya di tempat yang teduh
5. Siramlah dengan teratur dan pindahkan setek tanaman melati ini setelah berusia kurang lebih2 bulan
6. Gunakan nutrisi tanaman atau pupuk kompos untuk membuat tanaman menjadi lebih subur

• Merunduk

Merunduk adalah cara lain yang bisa kamu lakukan selain dengan cara mencangkok dan menyetek. Perundukan merupakan salah satu jenis pengembangbiakan dengan cara membengkokan batang di atas tanah. Timbun bagian batang yang dirundukkan dengan menggunakan tanah. Cara ini merupakan cara yang paling lazim dilakukan oleh para petani melati.Kamu tidak memerlukan tenaga dan anggaran yang banyak untuk mengembangbiakan melati dengan cara merunduk.
Bagaimana? Sungguh mudah bukan cara mengembangbiakan bunga melati? Bunga ini mudah sekali tumbuh di Indonesia karena iklimnya yang cocok untuk berbagai jenis tanaman.
Itulah ketiga cara yang bisa dilakukan untuk mengembangbiakan tanaman melati dengan cara yang mudah. Bunga puspa bangsa ini memang sangat mudah untuk dikembangbiakan. Lengkapilah taman bungamu dengan bunga puspa bangsa ini. Jika kamu memiliki waktu yang banyak, kamu bisa mengembangbiakannya untuk kemudian dijual. Bisa pula menjadi usaha sampingan yang mengasyikkan bukan?

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *