Ciri-Ciri Bunga Melati dan Manfaatnya

Diposting pada

Melati, bunga yang terkenal dengan harum baunya yang melegenda. Wangi yang semerbak, nyaman di penciuman, menjadi salah satu penyebab bunga ini dijadikan campuran dalam teh. Menambah aroma dan citarasa bagi para penimatnya.

Tanaman bunga melati termasuk dalam kelompok semak, karena batangnya cenderung merunduk dan bergerombol. Tidak dapat mencapai ketinggian lebih dari lima meter. Dengan perawatan yang optimal, batang-batang tersebut akan tersusun rapi menjadi garis tepi taman yang mengagumkan.

ciri ciri bunga melatiUntuk daun, sebagaimana tanaman pada umumnya berwarna hijau dengan bentuk cenderung meruncing. Posisi daun di batang adalah bertolak belakang, artinya ada sepasang daun yang mengarah ke arah yang saling berseberangan, satu ke kanan, satunya lagi ke kiri.
Tulang daun terlihat sangat jelas , menguatkan daun sebagaimana duri ikan terlihatnya.

Bunga melati berwarna putih bersih melambangkan kesucian. Pada acara-acara adat dan seremonial kenegaraan, hampir tidak pernah ketinggalan bunga satu ini. Dalam adat jawa, bunga melati yang biasanya digunakan dalam hal-hal yang sifatnya sakral, seperti upacara pernikahan, upacara penyucian benda pusaka dan lain-lain. Membuat kedudukan bunga melati berada satu tingkat di atas bunga indah lainnya.

Bagian bunga melati memiliki kelopak bunga yang tersusun secara berhadapan, dengan tujuh buah mahkota secara mendatar, tidak seperti bunga mawar yang melingkar membentuk kuncup terompet.

Adapun manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari bunga melati antara lain :
1. Sebagai pengharum, penghilang bau badan.
Tidak ada yang menyangkat kewangian bunga ini.
2. Wangi melati bisa digunakan sebagai aroma terapi yang memberikan efek menenangkan, mengendorkan syaraf yang tegang sehingga pikiran menjadi tenang. Ketika tekanan pekerjaan semakin menghimpit, tidak ada salahnya anda mencoba aroma terapi bunga melati. Apalagi jika bisa secara langsung datang ke taman bunga melati yang sedang berbunga. Terapi selain lewat aroma, juga secara visual memandangi keindahan. Dijamin, ketegangan akan segera sirna. Efek bunga ini adalah mendamaikan…
3. Selain menambah aroma wangi teh, penggunaan melati sebagai salah satu bahan campuran teh adalah karena melati mempunyai pengaruh baik terhadap pencernaan. Memperlancar metabolisme tubuh dan dapat sebagai penyembuh bagi penderita radang usus.
Setelah kebun adenium berhasil diwujudkan, sudah ada angan-angan, di salah satu sisi taman akan ku tanam melati sebagai sumber ketenangan jiwa.

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *