Cara Pengembangbiakkan Anggrek Golden Shower

Diposting pada

Perkembangbiakan pada tanaman Anggrek Golden Shower dapat dilakukan dengan metode Generatif dan Vegetatif. Metode generatif meliputi proses penyerbukan, yaitu proses jatuhnya seruk sari ke kepala putik. Proses penyerbukan bisa saja terjadi karena penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang maupun penyerbukan bastar.
Penyerbukan sendiri adalah jika seruk sari jatuh ke kepala putik yang berasal dari bunga yang sama atau bunga itu sendiri.

Penyerbukan tetangga, jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang masih dalam pohon yang sama.
Penyerbukan silang, penyerbukan yang terjadi ketika serbuk sari dari suatu bunga jatuh ke kepala putik dari bunga sejenis yang beda pohon.
Penyerbukan bastard adalah ketika serbuk sari jatuh ke kepala putik dari bunga lain yang tidak sejenis, tentu saja berbeda pohon.

Perkembangbiakan vegetatif pada Anggrek dapat Golden Shower dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut :

Stek Batang

Stek batang biasanya dapat dilakukan pada anggrek jenis monopodial, yaitu dengan cara memotong sebagian batang dari tanaman induk kemudian menaman potongan batang tersebut pada media tanam yang sudah disiapkan.

Pemisahan Anakan

Cara perkembangbiakan inilah yang sering dilakukan oleh para pecinta anggrek. Alasannya karena tingkat keberhasilan tinggi dan tanaman anggrek yang berasal dari anakan akan lebih cepat berbunga. Namun kendalanya adalah tidak dapat dilakukan secara masal karena anakan anggrek sangat terbatas dan sulit suatu tanaman indukan dapat menghasilkan tunas anakan yang banyak. Biasanya hanya 1 sampai 2 anakan sekali tumbuh.

Keki

Yang dimaksud dengan keki adalah anakan yang tumbuh liar. Jika biasanya, anakan anggrek secara normal tumbuh di bagian batang bawah dekat akar, namun keki tumbuh di tempat yang tidak sewajarnya, misal di ujung bulb anggrek dewasa. Kata keki berarti “bayi” dalam bahasa Hawaii. Keki tumbuh biasanya dikarenakan media tanam yang sudah padat karena sudah terlalu lama tidak diganti. Kondisi media yang padat akan menghambat tumbuhnya tunas anakan, sehingga anggrek mencari jalan lain untuk “melahirkan” bayinya. Keki dapat dipindahkan dari tanaman induk ke media tanam sendiri jika sudah memiliki akar yang cukup yang akan menopang kemandirian keki dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Cara memisahkan keki dengan cara memotongnya, dengan menyertakan sebagian bulb sebagai cadangan makanan selama masa adaptasi keki di tempat yang baru. Tempatkan Keki yang baru dipindahkan ke tempat yang teduh, yang tidak terkena sinar matahari secara langsung karena Keki butuh masa adaptasi. Setelah tumbuh bulb baru, mulai kenalkan dengan sinar matahari secara perlahan-lahan.

Kultur Jaringan

Cara ini merupakan cara tercepat untuk menghasilkan tanaman anggrek yang baru dengan jumlah yang banyak. Karena, hanya dibutuhkan sedikit jaringan dari tanaman induk untuk menghasilkan jutaan anakan atau bibit anggrek. Namun, diperlukan modal besar untuk dapat melakukan kultur jaringan anggrek. Biasanya yang melakukan metode ini adalah perusahaan atau anggrek nursery yang besar, yang benar-benar fokus pada pengembangan tanaman anggrek.
Saat ini, sudah mulai dikembangkan sistem kultur jaringan skala rumah tangga. Di bogor Jawa Barat, ada nursery yang membuka pelatihan kultur jaringan skala rumah tangga. Mereka menyediakan alat subtitusi dengan harga yang lebih terjangkau. Mereka juga menjual bahan-bahan secara eceran, sehingga pelaku Kultur Jaringan skala rumah tangga tidak perlu keluar dana besar untuk membeli bahan yang biasanya sudah dikemas dalam ukuran besar. Mereka dapat membeli sesuai kebutuhan proses yang akan dijalani.

Anggrek alam meskipun berada di habitat aslinya, namun mempunyai tingkat pertumbuhan dan pembungaan yang lambat. Karena anggrek alam tidak mendapat perlakukan dan perawatan khusus, terutama dalam hal penyediaan nutrisi. Berbeda dengan anggrek silangan yang menjadi “piaraan” para pecintanya seperti Anggrek Golden Shower yang sangat mudah pertumbuhannya dan pembungaannya lebih cepat.

Bagaimana perawatan dan perlakuan khusus agar Anggrek Golden Shower selalu berbunga? Simak artikel berikutnya… 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *