Cara Merawat Bunga Mawar Tanpa Akar | Mawar Dalam Vas

Diposting pada

Merawat Bunga Mawar Tanpa Akar  – Bunga mawar yang mekar, memberikan perasaan tenteram, menambah semangat dan mood diri ini. Mawar termasuk bunga yang sangat sering berbunga. Tidak menunggu musim tertentu saja. Ada beberapa rumpun bunga mawar di halaman rumah saya. Seolah tiada henti memberikan kemekaran bunga untuk menaikkan level keindahan halaman 🙂

Untuk tetap merasakan aura positif dari mawar yang mekar, saya berpikir untuk menghadirkanya di dalam ruangan tamu dan kamar. Tapi bagaimana caranya? Potnya ditaruh di dalam rumah? DI atas meja tamu? Kayaknya secara estetika kurang pas. Cara yang tepat tentu saja dengan memotong tangkai bunga dan meletakkannya di vas. Sangat cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga dan ruang-ruang yang lainnya.

Ah, paling Cuma tahan satu dua harian aja, terus layu. Harus rajin-rajin mengganti dengan tangkai bunga yang baru. Capek! He..he…. Tenang, jangan ngomel2 dulu. Memang, tangkai bunga mawar tanpa akar tak akan hidup selamanya. Ada kalanya layu, lha yang masih nempel di pohon mawarnya saja bunganya akan layu kok. Iya kan?
Begini, meskipun tangkai bunga mawar yang kita letakkan di dalam vas bunga itu tanpa akar, namun kita masih bisa memperpanjang usia segarnya bunga. Dengan apa? Begini caranya :

1. Batang/tangkai bunga mawar yang sudah dipotong, akan tetap bisa menyerap cairan/nutrisi. Lewat luka bekas potongan. Oleh karena itu, potongan dibuat miring. Tujuannya agar luas penampang yang menyerap nutrisi makin luas. Kebutuhan bunga akan nutrisi bisa tercukupi.

2. Biasanya dalam vas bunga diberi air. Namun tentu saja kandungan nutrisinya tidak cukup. Makanya harus diberi tambahan yang dilarutkan di dalam air. Bahan apa saja yang dapat digunakan? Ada beberapa, antara lain :

Gula Pasir.
Larutkan kira-kira 3 sendok teh gula pasir ke dalam 1 gelas air. Setelah larut, tunggu dingin dulu sebelum dituang ke vas bunga. Air gula ini akan menjadi nutrisi sekaligus sebagai anti bakteri.

Cuka
Sama dengan gula tadi caranya, cuka dilarutkan dalam air. Cuka mempunyai sifat menghambat penuaan, sehingga bunga mawar lebih awet segarnya

Uang logam
Letakkan satu buah uang logam di dalam vas yang berisi air. Ini bukan takhayul ya…, tapi memang reaksi logam bahan dasar uang dengan air akan membunuh bakteri yang dapat membuat batang busuk dan bunga rontok

Langkah di atas perlu ditambah dengan mengurangi jumlah daun di tangkai bunga. Daun juga membentuk keindahan bunga mawar dalam vas, namun jangan terlalu banyak, karena daun akan memakan banyak nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan oleh bunga.

Perlu diingat, bahwa bahan-bahan tersebut di atas tidak boleh dicampur dalam penggunaanya. Meski 3 bahan tersebut mempunyai khasiat yang sama menambah daya tahan kesegaran bunga mawar, namun jika dicampurkan akan memicu reaksi kimia yang justru tidak baik bagi bunga mawar. Pilih salah satu saja. Kamu bisa membuat 3 larutan berbeda untuk mengukur dan membandingkan , larutan mana yang lebih baik.

Dengan bunga mawar yang lebh lama kesegarannya, aura semangat dan mood juga akan terjaga. Semoga 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *