Cara Merawat Bunga Adenium Agar Tumbuh Subur

Diposting pada
Bunga Adenium memiliki keindahan yang membuat setiap orang mengaguminya. Tanaman ini sering dipilih sebagai tanaman penghias pekarangan ataupun ruang tamu. Banyak orang menyebut bunga Adenium sebagai bunga Kamboja Jepang. Alasannya karena keduanya memiliki struktur bentuk tanaman yang mirip. Padahal, keduanya berbeda.
Bunga Adenium harganya mahal karena tidak hanya bunganya saja yang indah. Namun, akar dan batangnya sangat unik dan menarik. Tak heran jika banyak yang menyukai tanaman ini meskipun harganya selangit.Berbicara mengenai perawatan bunga Adenium, sebenarnya caranya mudah. Sangat disayangkan jika Anda tidak mengerti bagaimana cara merawatnya. Tanaman bunga Adenium yang tidak terawat dengan baik tidak akan memiliki bunga yang rimbun.

adenium termahal perawatanBerikut ini beberapa cara merawat tanaman bunga Adenium supaya tumbuh subur di pekarangan rumah Anda:

1.Jangan terlalu sering menyiramnya

Bunga Adenium termasuk tanaman gurun yang tidak membutuhkan banyak air. Sebaliknya, tanaman ini akan mati jika terlalu banyak mendapatkan air. Oleh sebab itu, perhatikan frekuensi penyiraman. Jangan menyiram terlalu sering karena bisa membuat tanaman membusuk.

2.Taruh di tempat yang terkena cahaya matahari

Tanaman adenium membutuhkan cahaya matahari untuk membantu proses fotosintesis. Jadi, sebaiknya letakkan tanaman ini di tempat yang bisa mendapatkan cahaya matahari. Boleh saja meletakkannya di ruang tamu, namun usahakan setiap pagi dikeluarkan agar mendapatkan cahaya matahari.

3.Beri pupuk secara teratur

Seperti tanaman pada umumnya, bunga Adenium juga memerlukan pupuk untuk membantu pertumbuhannya. Berikan pupuk secara teratur paling tidak satu bulan sekali. Anda bisa menggunakan pupuk kompos. Akan tetapi, jika Anda menggunakan pupul kimia, berikan pemupukan dengan rentang waktu tiga sampai enam bulan sekali.

4.Pergantian media tanam

Setiap satu tahun sekali, ganti media tanam bunga Adenium secara teratur. Hal ini untuk menyesuaikan ukuran tanaman dengan wadahnya. Jangan sampai tanaman bunga Adenium menempati pot yang terlalu kecil karena pertumbuhannya yang pesat. Media tanam yang bagus dari campuran arang sekam dengan pasir. Campur juga dengan pupuk kandang supaya berkualitas lebih bagus.

5. Repoting

Pot yang digunakan untuk menanam Adenium ada kalanya harus dilakukan penggantian. Pada saat adenium masih ukuran kecil, baby adenium, biasanya di letakkan di gelas plastik/pot yang kecil atau ditanam bersama-sama di nampan atau pot besar berisi beberapa tanaman.

Begitu adenium menginjak remaja, maka ia membutuhkan tempat tinggal yang lebih besar. Karena seiring dengan pertumbuhannya, akar dan batang membutuhkan tempat yang lebih longgar.

Demikian juga ketika beranjak menjadi tanaman dewasa. Tempat yang dibutuhkan lebih besar lagi. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika dari kecil, adenium-adenium tersebut di tempatkan di pot yang besar? Kan lebih praktis, tidak merepotkan di kemudian hari untuk reporting?

Jawaban atas pertanyaan di atas adalah :
a.Jika dari awal (semai/baby adenium) sudah menggunakan tempat yang besar, maka akan diperlukan tempat/area yang sangat luas untuk pembudidayaannya. Tidak efektif dan efisien, apalagi bagi nursery yang pasti sangat memperhitungkan cost and revenue.

b.Pot yang terlalu besar, akan membuat pertumbuhan akar adenium menjadi liar ke dalam. Keindahan adenium salah satunya adalah perpaduan akar, bonggol dan batang yang terlihat di atas permukaan media tanam.

Pot yang telalu besar dan dalam tidak mendukung upaya pembentukan akar yang kekar. Oleh karena itu, dalam menanan adenium, biasanya petani adenium menempatkan pada pot yang datar/pendek dengan tujuan akar yang kekar, bonggol yang nongol akan terlihat dengan jelas, memamerkan keindahan dan keelokkan yang dimiliki.

Kesimpulannya, gunakan pot yang sesuai dengan ukuran adenium, Karena bonsai bunga adenium menginginkan tempat yang sesuai dan pas ukurannya, tidak kurang tidak lebih.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *