Cara Menanam Bunga Lily dengan Benar

Diposting pada
Banyak orang menyukai bunga Lily karena tampilannya sangat indah. Terkadang, bunga lily ditulis dengan abjad lili. Ada yang menyebut bunga lily sebagai bunga bakung. Jenis tanaman ini ada banyak. Bahkan, bunga ini telah menjadi ikon khas berbagai negara. Setidaknya ada 100 jenis bunga Lily yang ada di seluruh dunia. Warna dan bentuk bunganya sangat beraneka ragam.‚Äč
Bunga Lily Putih

Jenis tanaman bunga ini sangat populer di Indonesia karena banyak peminatnya. Mereka manyukainya karena bentuk bunganya yang indah. Tanaman ini dijadikan penghias rumah. Jika Anda berminat menanam bunga Lily, tak perlu pusing memikirkan perawatannya karena sangat mudah. Bunga ini termasuk tanaman yang sangat mudah beradaptasi. Karena kemudahan inilah banyak orang tertatik membudidayakannya.

Budidaya Bunga Lily
Bunga Lily Merah

 

Bung Lili Oranye
Bunga Lily Orange

Bagaimana cara budidaya bunga Lily?

Sifat bunga Lily ialah mudah hidup di mana saja misalnya di hutan ataupun di pekarangan rumah. Dibandingkan dengan membudidaya tanaman bunga lain, Anda akan lebih mendapatkan banyak keuntungan jika memilih bunga ini. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membudidaya tanaman Lily sehingga bisa tumbuh subur dan hasil bunganya sangat indah.

Langkah awal, sebelum mulai membudidayakan bunga Lily, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana karakteristik tanaman ini. Seperti menanam tanaman lainnya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal mulai dari proses pembibitan, penanaman dan perawatan .
Langkah-langkah menanam bunga Lily

Berikut ini ada tiga tahapan mengenai langkah menanam bunga Lily, diantaranya yaitu:

1. Pembibitan Bunga Lily
Pembibitan bunga lily diperoleh dari umbi batangnya. Carilah tanaman lily yang berkualitas bagus sebagai indukan. Lalu, ambil umbinya setelah itu rendam ke dalam air terlebih dahulu selama 24 jam.
Tujuan perendaman ini ialah supaya tunas pada umbi cepat tumbuh. Sebaiknya, jangan semai umbi terlebih dahulu agar proses pertumbuhan berjalan baik. Anda bisa memindahkannya ke dalam media tanam yang telah disediakan jika umbi sudah bertunas.

2. Penanaman Bunga Lily
Setelah proses penyemaian, bibit tunas sudah bisa dipindahkan ke dalam pot atau polybag. Gunakan media tanam yang tepat yang terdiri dari campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Perbandingan media tanam tersebut adalah 1: 1: 1.
Anda harus memindahkan bibit ke media tanam dengan hati-hati jangan sampai umbi tanaman rusak. Waktu terbaik untuk proses pemindahan adalah ketikan pagi atau sore hari. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak layu karena terkena sengatan matahari di siang hari. Setelah dipindahkan, lakukan penyiraman secara teratur sehari dua kali pagi dan sore. Namun jangan terlalu banyak menyiram air karena umbi bisa membusuk.

3. Perawatan bunga Lily
Lakukan perawatan secara teratur dengan cara yang benar agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sebenarnya, karena karakteristik bunga Lily sangat mudah beradaptasi, tidak diperlukan perawatan khusus.

Hal yang perlu diperhatikan ialah bersihkan tanaman pengganggu atau gulma di sekitar tanaman bunga Lily. Lalu, jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang secara teratur agar kebutuhan unsur hara terpenuhi. Hal yang tidak boleh dilupakan ialah menyiran tanaman Bunga Lily secara teratur agar kelembaban tanah terjaga dengan baik.

Demikianlah cara menanam bunga Lily dengan tepat. Anda bisa melakukan pembibitan, penanaman dan perawatan dengan mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga impian memiliki bunga Lily yang indah di depan rumah bisa terwujud. Pastinya, rumah akan terlihat lebih indah dan menarik jika ada tanaman Lily sebagai penghiasnya.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *