Cara Menanam Bunga Bougenville si Bunga Kertas

Diposting pada

Di artikel sebelumnya, sudah di bahas tentang pengenalan dan pembibitan sudah disinggung mengenai metode generatif dan vegetatif.

Cuplikannya sebagai berikut :

Bіbіt yang baik bеrаѕаl dari indukan yang bаіk рulа. Untuk mеndараtkаn bibit generatif yang baik, dараt dilakukan langkah-langkah :

1. Potong bunga dаrі tanaman dеwаѕа. Jemur di tеmраt уаng tеrіk atau раnаѕ.
2. Sеtеlаh kеrіng ѕеmрurnа, ріѕаhkаn bіjі dаrі bunga, bіjі inilah уаng dараt dіjаdіkаn benih.
3. Sеmаі bіjі dengan mеnаnаmnуа раdа mеdіа tanam, yang tеrdіrі dаrі саmрurаn tanah, kоmроѕ dan раѕіr. Semai selama kurang lеbіh seminggu (7 hаrі) ѕаmраі tunas tumbuh dan mempunyai bеbеrара hеlаі daun.
4. Jіkа sudah mерunуаі 4 hеlаі daun, benih yang ѕudаh bertunas (selanjutnya dіѕеbut bіbіt) dapat dіріndаhkаn kе tеmраt lаіn untuk memeliharanya.
Sеlаіn bіbіt gеnеrаtіf, Bіbіt bunga kertas іnі juga dараt dіреrоlеh dеngаn cara vеgеtаtіf, уаіtu ѕtеk batang. Pіlіh tаnаmаn уаng ѕudаh сukuр tuа, batang yang сukuр uѕіа. Tandanya wаrnа kulitnya cenderung lebih gеlар. Potong bаtаng secara mеnуеrоng, аngіn-аngіnkаn sampai kеrіng gеtаhnуа. Bаtаng уаng ѕudаh kеrіng dараt dіtаnаm dengan mеnаnсарkаn dі mеdіа tanam уаng ѕudаh dіреrѕіарkаn.

 

Bougenville berbunga lebatPemupukan

Pemupukan secara teratur terhadap tanaman bougenville diperlukan agar tingkat kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang senantiasa tersedia. Pupuk terbaik bagi bougenville adalah pupuk organik, baik kompos maupun pupuk kandang.
Pemupukan terbaik dilakukan pada pagi hari (saatnya tanaman “sarapan”) dengan frekuensi sebulan sekali. Untuk pemula atau yang belum berpengalaman, sebaiknya menghindari penggunaan pupuk kimia, karena jika terjadi kesalahan cara dan dosis pemberian, bisa berakibat fatal terhadapa tanaman bunga bougenville.

Perkembangbiakan Bougenville

Seperti yang dikutip di atas , pembiakan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu generatif dan vegetatif. Berikut akan disampaikan cara melakukan stek batang secara mendetail :

Siapkan batang
Pilih batang bougenville yang akan distek yaitu batang yang sudah tua, ditandai dengan warna kulit yang cenderung gelap dan banyak terdapat bercak-bercak.

Siapkan Media Tanam
Media terbaik untuk stek batang ini adalah campuran antara tanah gembur dan pupuk kandang yang sudah benar-benar matang. Jika kurang porous , dapat ditambahkan pasir.

Penanaman
Tancapkan batang pada media tanam yang telah disiapkan sampai kedalaman kira-kira 10 cm. Untuk memastikan posisi tidak bergeser (karena akan merusak akar yang baru tumbuh), maka berikan penopang dengan bambu atau kayu. Ikat batang bougenville tadi dengan penopang.

Lokasi
Pada masa-masa awal stek batang, tempatkan pada area yang teduh dan kering. Jangan terlalu lembab, jangan terlalu panas. Biasanya, batang yang distek akan mulai tumbuh tunas pada usia 20 hari setelah penanaman.

Tambahan :

Metode vegetatif selain stek, pada tanaman bougenville dapat juga dilakukan dengan cangkok. Karena batang bougenville termasuk batang keras dengan kulit batang yang sempurna (artinya, kulit batang dipergunakan sebagai media pengangkutan dan distribusi nutrisi ke semua bagian tanaman), maka metode cangkok sangat mungkin bisa dilakukan pada bunga kertas ini.

Cara melakukan cangkok :
Pilih batang yang sudah tua, kupas kulit batang secara melingkar (panjang 10 cm). Hilangkan kulit dan lendir yang ada di batang. Bungkus bagian yang terkelupas dengan tanah gembur dan bungkus dengan plastik atau sabut kelapa. Ikat kedua ujungnya, tunggu sampai kira-kira 3 minggu, maka akar akan tumbuh yang menandakan batang bisa dipisah dari induknya guna ditanam di tempat yang baru.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *