Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Berbunga Cantik

Diposting pada

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki banyak peminat karena kecantikannya. Setiap orang yang meliriknya akan merasa terpesona untuk memilikinya. Bunga dan cara penanamannya yang terlihat unik menjadi alasan bagi seseorang untuk berusaha membudidayakan. Hal ini juga didukung dengan banyaknya peminat anggrek khususnya di Indonesia sehingga permintaan akan bunga anggrek semakin meningkat.

Budidaya atau cara menanam bunga anggrek memang membutuhkan perawatan khusus. Terkadang beberapa orang mengeluhkan tanaman anggrek yang ditanamnya. Mulai dari pertumbuhan yang tidak subur, tanaman anggrek yang tidak dapat berbunga cantik, sampai pada tanaman anggrek yang justru mati. Sebenarnya, penyebabnya ialah karena kurang memahami metode penanamannya saja.

Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Berbunga CantikBagi pecinta bunga anggrek pasti sudah tahu bagaimana cara penanaman yang benar agar bisa mendapatkan tanaman subur dengan bunga yang cantik.

Cara menanam bunga anggrek agar berbunga cantik

Tanaman hias berupa bunga akan terlihat sempurna apabila dapat menghasilkan bunga yang indah. Jika selama ini Anda hanya mengenal penanaman bunga anggrek melalui cara menempel, saat ini ada beberapa cara lain yang dapat digunakan. Ternyata bunga anggrek yang selama ini Anda kenal bersifat komensalisme atau menempel pada tumbuhan lain, tetapi tidak merugikan juga dapat tumbuh di media tanah.
Berikut ini langkah menanam bunga anggrek:

1. Menyediakan pot bunga

Pot yang digunakan untuk menanam bunga anggrek sebaiknya jangan pot bekas atau usang. Pilihlah pot yang masih bagus agar tanaman juga dapat tumbuh dengan baik. Pot bekas kemungkinan memiliki lumut atau bakteri yang dapat mengganggu tumbuhnya tanaman anggrek. Selain itu, pilihlah jenis pot yang sesuai dengan ukuran tanaman anggrek agar ia dapat tumbuh leluasa. Anda dapat menggunakan jenis pot yang terbuat dari plastik maupun tanah liat sesuai dengan kebutuhan.

2. Menyediakan tiang penahan

Tanaman anggrek merupakan jenis tanaman yang panjang menjalar. Penggunaan tiang penyangga memiliki tujuan agar tanaman tidak tumbuh melengkung atau tetap lurus saat terkena air penyiraman atau tertiup oleh angin. Anda dapat menggunakan jenis kawat untuk menyangga tanaman yang bersift tidak mudah berkarat.

3. Menyediakan media tanam

Media tanam yang digunakan dapat berupa sabut kelapa, pecahan genting atau pakis, dan batok kelapa. Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot dengan urutan pecahan genting, batok kelapa, dan paling atas ada sabut kelapa. Hal ini bertujuan untuk mengikat akar dan memudahkan penyerapan saat disiram dang tanaman anggrek tidak tergenang air. Agar tanaman anggrek tidak mengalami luka sebaiknya media tanam jangan sampai mengenai batang anggrek. Cukup pada akarnya saja. Jangan lupa untuk memasang tiang penyangga agar tanaman dapat tumbuh dengan lurus.

4. Melakukan pemeliharaan secara tepat

Merawat tanaman anggrek agar tumbuh subur dan berbunga cantik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Anggrek lebih menyukai udara yang lembab. Oleh karenanya tidak begitu memerlukan penyiraman terlalu sering atau langsung. Maksudnya, cara menyiram anggrek adalah dengan cara disemprot tidak mengenai bunga langsung. Hal ini bertujuan agar tidak merusak kuncup bunga anggrek. Anda dapat menyirami daerah tanah yang ada pot untuk menjaga kelembaban. Usahakan jangan mengenai tanaman anggrek secara langsung.

Itulah cara menanam bunga anggrek yang benar. Anda harus memeliharanya dengan baik dan ulet agar tanaman dapat berbunga indah. Jagalah kebersihan tanaman setiap hari agar tanaman terhindar dari hama.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *