Cara menanam Anggrek Golden Shower

Diposting pada

Menanam Anggrek Golden Shower membutuhkan ketekunan dan rasa cinta terhadapa tanaman yang luar biasa. Untuk dapat menikmati hasil berupa keindahan tanaman dan bunga kompak yang dihasilkan, maka kita harus telaten merawatnya. Berikut tahapan-tahapan dalam menanam anggrek ini :

Media Tanam – Media yang bagus adalah media yang tidak mudah lapuk, mudah bagi akar tanaman menempel, porous atau berongga sehingga memudahkan aerasi air dan akar tidak terganggu pernapasannya, dapat menyimpan nutrisi yang dibutuhkan dan tidak menjadi sarang penyakit.
Bahan-bahan yang memenuhi syarat-syarat di atas antara lain : pakis, moss , sabut kelapa, arang kayu, pecahan genteng, pecahan batu bata dll. Namun media tanam yang ideal terdiri dari 2 macam bahan. 1/3 bagian pot paling bawah diisi dengan pecahan genteng/batu bata, 2/3 bagian di atasnya diisi dengan pakis. Ingat, bahan-bahan tersebut tidak dicampur, tetapi disusun.

menanam Anggrek Golden ShowerPenyiraman – Sebenarnya, tidak ada patokan yang pasti mengenai frekuensi dan quantity penyiraman tanaman ini. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memantau kondisi kelembaban media. Jika masih lembab, maka penyiraman belum diperlukan. Namun jika media sudah mulai mengering, maka lakukan penyiraman dengan spary (penyemprotan).

Terdapat perbedaan antara kebutuhan air anggrek golden shower muda dan dewasa. Jika kita memelihara anggrek jenis ini dari anakan, kita akan bisa membedakan kebutuhan airnya, intensitas penyiramannya. Tanaman dewasa membutuhkan 1/2 dari kebutuhan air anakan. Misal anakan memerlukan penyiraman 1 kali sehari, maka ketika sudah menjadi tanaman dewasa, penyiramannya menjadi cukup 1 kali dalam 2 hari. Itu dikarenakan kemampuan menyimpan air pada tanaman dewasa lebih baik dari pada tanaman anakan.

Seperti tanaman hias yang lainnya, di mana dalam hal penyiraman, yagn harus dihindari adalah genangan, karena akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab busuk akar. Penyiraman dilakukan pada bagian media tanam tempat akar anggrek, jangan sampai mengenai bagian bunganya karena dapat mengakibatkan bunga tersebut menjadi rontok.

Pemupukan – Pemupukan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk cair maupun padat, pupuk daun maupun pupuk akar. Pupuk daun adalah pupuk yang cara pemberiannya dengan cara disemprot pada bagian daun. Daun kemudian menyerap pupuk tersebut untuk diedarkan ke bagian-bagian tanaman yang membutuhkan. Sedangkan yang dimaksud pupuk akar adalah pemberiannya dengan disiramkan ke bagian akar. Akar yang bertugas menyerap dan mengendarkan nutrisi dari pupuk tersebut. Menurut beberapa expert dalam tanaman hias menyebutkan bahwa pupuk daun lebih efektif dan cepat dalam penyerapan nutrisinya.

Pemberian pupuk daun dengan cara disemprotkan. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada sore atau malam di mana tidak banyak angin yang bertiup. Karena pupuk disemprotkan ke bagian daun, angin dapat menerbangkannya, sehingga banyak yang terbuang. Jangan meyemprotkan pupuk daun pada saat matahari bersinar terik karena daun akan “balapan” dalam penyerapan nutrisi dengan penguapan yang terjadi.

Pupuk yang digunakan untuk anggrek Golden Shower yang masih anakan atau muda adalah pupuk dengan kandungan N yang lebih tinggi agar pertumbuhan akar batang dan daunnya berlangsung dengan cepat dan sehat. Untuk tanaman yang sudah dewawa, kandungan P yang lebih tinggi, agar bunga cepat tumbuh.

Pemupukan dilakukan dengan cara menyemprotkannya, baik pada bagian akar (untuk pupuk akar) maupun ke bagian daun (untuk pupuk daun). Mengenai frekuensi pemberian pupuk adalah 1 kali dalam seminggu. Dosis yang diberikan cukup ½ sendok teh pupuk untuk setiap 1 liter air untuk melarutkannya.


Bersambung……

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *