Bibit Bunga Mawar Potong

Diposting pada

Ada teman yang bertanya kepada saya, di mana bisa mendapatkan bibit bunga mawar potong. Dia berkeingingan untuk membudidayakan tanaman tersebut karena menurut beberapa referensi yang dibacanya, potensi bisnisnya sangat terbuka. Bagaimana tidak, bunga mawar potong banyak dicari orang. Bunga mawar potong selalu menjadi primadona di toko-toko bunga. Kenapa? Alasan yang masuk akal karena jumlah banyak permintaan dan harganya terjangkau dibandingkan bunga premium lain seperti bunga freesia yang sangat mahal. Maklum, termasuk bunga Freesia yang asli belanda ini susah dalam pemeliharaanya terkait dengan perbedaan iklim di sini dengan Negara asalnya.

Menaman dengan stek batang

mawar bibitBunga mawar menurut pengalaman saya, termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan. Jika sudah mempunyai tanaman indukan, bisa menggunakan metode stek batang. Potensi keberhasilannya sangat tinggi, menjapai 90%. Artinya dari 10 batang yang kita stek, kemungkinannya minimal 9 batang tumbuh tunas.

Namun, jika belum mempunyai tanaman indukan, kita bisa membelinya terlebih dahulu di nursery-nursery atau tukang taman terdekat. Mereka biasanya selalu menyediakan bunga mawar, ukuran remaja-dewasa. Terakhir saya berkunjung ke tukang taman di sepanjang jalan dekat pintu air bekasi, tersedia beraneka macam mawar, bahkan mawar-mawar import pun ada. Mawar import yang dijual biasanya mempunyai warna yang aneh-aneh. Ada yang biru muda, ungu, biru tua, kuning cerah dan warna batik (satu warna utama dengan semburat-semburat warna lain membentuk suatu pola.

Setelah mendapatkan bunga indukan, jangan langsung dikembangbiakkan. Tanaman tersebut harus dirawat dulu, menyesuaikan dengan lingkungannya yang baru. Setelah 2 minggu , bunga mawar sudah bisa beradaptasi. Cari tanaman dengan batang yang sudah tua. Potong denga pisau steril agar tidak infeksi yang dapat menghambat pertumbuhan Cara mensterilkan pisau bisa dengan mengolesinya dengan alcohol 70%. Cara kedua dengan membakar mata pisau di atas api. Tunggu sampai pisau dingin sebelum digunakan untuk memotong batang mawar.

Hindari penggunaan gunting untuk memotong batang yang akan distek. Bentuk pisau gunting membuat hasil potongan tidak rapi dan merusak penampang batang. Batang akan pecah pada bagian yang dipotong. Ini akan memperbesar resiko batang busuk saat di tanam.Dalam proses stek, batang bisa ditanam di tanah langsung ataupun di dalam pot yagn sudah diisi media tanam. Media tanam yang baik adalah tanah dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. Sebaiknya pot berisi media tanam dibiarkan dulu selama kurang lebih 24 jam agar bakteri-bakterinya pergi. Setelah itu baru ditanami.

Dalam proses ini, tanaman jangan diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung. Hal ini untuk mencegah penguapan yang terlalu banyak. Batang yang belum berakar akan memanfaatkan cadangan makanan yang tersisa di kulit dan batang. Penguapan akan membuat pembibitan gagal karena batang menjadi kering. Siram bibit mawar potong 2 kali sehari.

Menanam Dari Biji

Selain dengan cara di atas, mawar dapat dikembangbiakkan dengan cara generative, yaitu menanam bijinya. Saya sendiri belum pernah menjumpai biji pada bunga mawar saya. Namun jangan khawatir, untuk mendapatkan biji bunga mawar sangat gampang. Banyak penjual online di marketplace-marketplace lokal yang menjualnya. Pilihannya bermacam-macam. Biasanya disertakan foto-foto bunga mawarnya. Jadi kita bisa memilih, biji benih mawar mana yang mau dibeli karena sudah ada gambaran, bagaimana bunga yang akan dihasilkan kelak. Namun yang perlu diketahui di awal adalah, butuh waktu sangat lama untuk menikmati hasil jika menanamnya dari biji. Bisa lebih dari 7 bulan setelah semai baru menghasilkan bunga. Untuk stek dalam usia 4-5 bulan sudah panen.
biji benih mawar potong
Langkah-langkah dalam menanam bunga mawar potong dari biji :
1. Rendam benih mawar dengan air hangat kuku , kurang lebih 40 derajad celcius selama 24 jam. Ini bukan berarti dalam 24 jam airnya harus hangat terus. Tapi suhu tersebut adalah suhu pada saat awal merendam. Jika kemudian airnya jadi dingin ya tidak apa-apa, tidak perlu menambahkan air panas lagi.
2. Siapkan pasir yang dibasahi dengan air, basah namun tidak terendam. Letakkan biji benih mawar di atas pasir, tidak perlu ditimbun. Proses ini disebut tahap germinasi. Yaitu proses menumbuhkan tunas atau berkecambah sebelum tanaman di tanam.
3. Setelah kira-kira 40 hari, benih mulai bekecambah menjadi bibit mawar potong yang siap untuk dipindahkan ke media tanam atau pot.
4. Suhu ideal untuk proses germinasi dan pertumbuhan adalah 20-25 derajad celcius. Letakkan di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Terserah, metode mana yang mau kalian pilih, tergantung dari tujuan dan kesiapan masing-masing orang. Setiap metode ada kelemahan dan kelebihan. Tidak ada yang sempurna.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *