Benih Biji Bunga Adenium

Diposting pada

Bibit bunga Adenium, termasuk salah satu jenis tanaman hias yang harganya mahal. Faktor yang membuat bunga ini harganya fantastik karena kecantikan yang dimilikinya. Bunga Adenium disebut juga sebagai bunga mawar gurun. Bunga ini dulu di awal tahun 2000 sempat booming . Banyak petani-petani bunga yang beralih ke adenium sebagai budidaya utama. Banyak konsumen yang mencari bunga ini sebagai tambahan koleksi sehingga mendongkrak harga jualnya, sebagai mana hukum demand – supply.

Saat ini, meski sempat mengalami masa suram, bunga adenium kembali menggeliat. Namun belum sampai ke tahap seperti masa jayanya dulu, namun cukup membuat senang pemain-pemain adenium yang sempat hiatus karena kondisi saat itu. Adenium sekarang dari sisi harga mulai merangkak. Permintaan semakin naik karena keindahannya tak terbantahkan, namun supply belum dapat memenuhi, karena saya pernah berkeliling di tukang-tukang taman yang ada di bekasi, jarang yang mepunyai stok. Kalaupun ada, kualitasnya apa adanya, sekedarnya saja. Keliatan mendapat perlakuan yang tidak semestinya. Mungkin karena kalah prioritas di banding tanaman lain yang lebih laku terjual.

Mengingat harga tanaman bunga Adenium lumayan mahal, selain membeli langsung tanaman yang sudah jadi, snda bisa memperbanyak tanaman ini sendiri dari biji atau batangnya. Bunga Adenium akan memiliki buah yang sudah tua, buah inilah yang memiliki beberapa biji di dalamnya. Biji inilah yang bisa dijadikan benih untuk mengembang biakkan bunga adenium.

Biji Adenium dijual di beberapa toko tanaman hias. Tentunya, harganya lebih terjangkau dibandingkan harga tanaman bunga Adenium yang masih kecil. Sebelum memutuskan untuk beli, jika anda mendapatkannya di toko offline, sebaiknya dilakukan pengecekan dan seleksi biji tersebut apakah memenuhi syarat untuk dijadikan benih. Caranya dengan memeriksa secara visual apakah ada biji yang kempes. Minta satu biji secara acak kepada penjual, buka kulit bijinya apakah di dalamnya ada butiran seperti beras tapi agak lunak. Butiran itulah yang akan tumbuh menjadi tunas.

Baca Juga : Cara Menanam Adenium dengan Tepat

Cara menyemai bibit bunga Adenium

Jika Anda sudah memiliki biji bunga Adenium, Anda bisa melakukan penyemaian sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu:

1. Jika anda menpunyai buah “tanduk” adenium yang sudah kering, maka belah buah tersebut kemudian bersihkan bulu-bulu yang terdapat pada setiap biji Adenium. Setelah itu, jemur di bawah panas matahari selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Cara ini dilakukan jika Anda mendapatkan biji dari tanaman sendiri. Jika Anda membelinya, tidak perlu lakukan cara ini sebab biasanya biji Adenium dijual dalam keadaan bersih dan kering.

2. Setelah selesai dijemur, rendamlah biji pada air hangat selama kurang lebih 30 menit. Cara ini dapat dilewati, tidak wajib dilakukan. Saya beberapa kali menggunakan cara ini dan melewatinya. Hasilnya kurang lebih sama.

3. Siapkan pot untuk menanam biji Adenium. Anda bisa menggunakan arang sekam sebagai mendia tanam. Sebagai campuran bisa gunakan tanah gembur atau pasir. Yang terpenting media tanam porous, gembur tidak meyimpan air karena biji adenium mudah busuk jika terlalu banyak air.

4. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam pot yang telah disiapkan. Jangan sampai penuh, cukup sekitar ½ pot saja.

5. Letakkan biji-biji Adenium pada pot dengan posisi horisontal. Lalu, tutup biji dengan media tanam di atasnya. Tidak perlu tebal-tebal penutupnya, cukup menutupi benih adenium saja. Kira-kira 1-2 milimeter cukup. Jika terlalu tebal lapisan penutupnya, akan menghalangi tunas untuk menyembul tumbuh di permukaan media tanam.

6. Selanjutnya, siram biji yang sudah di dalam pot dengan air. Tunggu sampai bibit tumbuh. Yang perlu diperhatikan dalam penyiraman adalah gunakan sprayer sehingga butiran-butiran semprotan air tidak merusak media tanam yang sudah diberi benih. Menyiram secara langsung dengan cara mengguyur akan berpotensi over water (kebanyakan air). Benih bisa busuk dan tidak tumbuh.

Tips memilih biji untuk bibit bunga Adenium
– Agar pertumbuhan tanaman bunga Adenium bagus, sebaiknya pilih biji yang memiliki kualitas unggul. Ambil biji dari buah yang benar-benar sudah tua.
– Perhatikan cara penyiraman. Bunga Adenium termasuk tanaman yang tidak butuh air banyak. Jangan berlebihan menyiramnya, cukup siram 2 kali sehari saja. Selain itu, semprot tanaman dengan cairan pestisida seminggu sekali supaya tidak terserang hama.

Incoming search terms:

3 thoughts on “Benih Biji Bunga Adenium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *