Pemangkasan Bonsai Atau Teknik Pruning

Bonsai harus mendapat perlakuan khusus secara terus menerus, salah satunya yaitu pruning atau pemangkasan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan bentuk cabang dan ranting sesuai dengan harapan dengan cara memotong atau membuang cabang atau ranting yang tidak diinginkan.

Bakalan bonsai, baik yang berasal dari pembibitan maupun diambil dari alam batang dan cabangnya tumbuh menjalar dan meninggi tak beraturan. Sehinga diperlukan proses pruning untuk menentukan mana bagian yang akan dibuang dan bagian yang akan dipertahankan guna mendapatkan bentuk bonsai yang ingin dicapai.

Teknik Pemangkasan Batang

Teknik pemangkasan batang bonsai ini bertujuan untuk menyampaikan cara dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memangkas batang bonsai yang masih kecil. Dalam pemangkasan bonsai yang masih kecil, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Usahakan untuk meminimalkan luka

Lakukan pemangkasan sedemikian rupa sehingga luka yang diakibatkan pemangkasan tersebut rata dengan permukaan pangkal tanaman. Jika ternyata lukanya cukup besar, maka lakukan penutupan luka dengan bahan kimia agar tidak terjadi infeksi atau pembusukan batang.

2. Pertimbangkan Daya Tahan Tanaman

Lakukan proses pemangkasan pada saat tanaman sedang dalam kondisi sehat. Ini akan meningkatkan daya tahan tanaman tersebut ketika dilakukan pemangkasan. Jika pruning dilakukan pada tanaman yang kurang sehat, maka bisa mengakibatkan tanaman tersebut mati sehingga gagal menjadi bonsai.

3. Pertimbangkan Pertumbuhan Ranting

Pada saat pemangkasan pertama, usahakan ranting yang sehat tidak dipotong. Kecuali ranting tersebut sangat jauh dari bentuk bonsai yang diharapkan. Jika keberadaan ranting tersebut mengganggu pola bonsai yang diharapkan. Ranting yang sehat akan menjadi bahan dasar yang baik untuk pertumbuhan bonsai ke depannya.


Teknik Pemangkasan Cabang dan Ranting

Prinsip-Prinsip dalam melakukan pemangkasan cabang dan ranting adalah sangat berbeda. Perhatikan hal-hal di bawah ini :

1. Letak Pemotongan Cabang dan Caranya

Pemotongan pada cabang dilakukan merata pada bagian pangkal cabang agar terkesan alami. Namun ada juga teknik memotong dengan membentuk cekungan di pangkal cabang. Teknik ini dapat mempercepat penyembuhan luka. Pengrajin bonsai dapat memilih teknik yang sesuai dengan pola kerja masing-masing.

2. Kemiringan Pemotongan Ranting

Pemotongan yang menyisakan bagian yang menghadap ke arah bawah maupun tegak lurus ke atas menimbulkan kesan yang tidak bagus. Ini harus dihindari. Selain dari sisi estetika bentuk, pemotongan seperti itu akan membuat lama proses penyembuhan luka pemangkasan.

Pemotongan pada ranting dilakukan dengan cara membuat permukaan potongan miring ke arah atas. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil sisi atas bagian luar, arahkan ke sisi bawah bagian dalam. Hasil yang dapat diperoleh dengan teknik ini adalah harmonisasi tanaman dan mempercepat proses pemulihan atau penyembuhan luka akibat pemangkasan.

Teknik di atas harus diikuti baik pada masa-masa tanaman menjadi bakalan bonsai sampai benar-benar telah menjadi bonsai. Agar irama komponen-komponen tanaman pembentuk keindahan bonsai senantiasa terjaga. Teknik di atas menitikberatkan pada estetika dan ketahanan tanaman sehingga keindahan yang terbentuk akan awet dan tahan lama.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, baik yang sudah expert atau berpengalaman dalam membentuk bonsai. Apalagi para pemain baru yang tarafnya masih pemula. Berbagai teknik harus benar-benar dikuasai agar imajinasi akan bentuk bonsai dapat direalisasikan dengan baik.

Teknik dalam ber-bonsai ria, termasuk dalam proses pruning di atas, pasti ada beberapa macam. Karena teknik-teknik tersebut tercipta karena pengalaman dari seniman-seniman bonsai. Masing-masing punya aliran yang tentu saja berkaitan dengan kondisi riil di lapangan. Kita sebagai pemula jangan menjudge teknik mana yang paling baik, tapi pelajari sesuai kebutuhan, gunakan yang pas dengan selera dan gaya yang dianut.

Demikian, mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan, kita sama-sama belajar. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemangkasan Bonsai Atau Teknik Pruning"

Posting Komentar