Panduan Penanaman Bonsai Agar Dapat Menjadi Tanaman yang Indah

Keindahan dan kecantikan bonsai akan semakin terlihat dan memancar jelas auranya jika pemilihan tempat penanaman atau potnya dilakukan dengan tepat. Prinsip dasar yang dianut oleh setiap seniman bonsai mengenai pot adalah bentuknya tidak tinggi namun melebar. Kebanyakan yang digunakan untuk mengeluarkan kesan alami, digunakan batu dengan cekungan yang tidak terlalu dalam.

Ukuran besar kecilnya wadah harus disesuaikan dengan ukuran tanaman bonsai. Warna pot dipengaruhi oleh warna tanaman dan daun atau buah secara dominan. Jangan sampai warna pot dan tanaman tidak matching, hal ini akan menimbulkan bentrokan warna yang akan mengacaukan konsep awal bonsai itu sendiri.
Letak dan posisi bonsai di dalam pot tidak ada aturan baku, apakah di tengah ataupun di pinggir sekian persen. Karena peletakkan tanaman bonsai harus memperhatikan bentuk dan gaya yang dianut. Ada kalanya bonsai terlihat gagah jika ditaruh di tengah-tengah pot, namun terkadang terlihat mempesona ketika di tanam di bagian pinggir. Di sinilah jiwa seni masing-masing akan teruji.

Pada mayoritas bonsai, pot yang digunakan adalah yang mempunyai lekukan dangkal. Ini dimaksudkan untuk membatasi pertumbuhan akar, agar akar tidak liar dan tertutup media di dalam pot. Dengan lekukan yang landai, otot bonsai akan semakin terlihat dengan jelas. Namun ada juga yang memerlukan pot yang dalam. Yaitu bonsai dengan gaya menggantung. Lekukan batang dan ranting yang menari-nari menjadi daya tarik, sedangkan akar menjadi pesona sekunder. Dengan pot yang dalam, akar akan semakin menancap sempurna guna menahan beban batang yang tergantung. Jangan sampai akar lemah yang akan menyebabkan bonsai terjatuh, lepas dari pot.

Syarat yang tak boleh lepas dari pot baik yang berlekuk dangkal ataupun dalam adalah adanya lubang pada dasar pot sebagai saluran air yang akan membuang air berlebih pada saat penyiraman agar tidak terjadi genangan. Akar yang terendam air akan membusuk menyebabkan tanaman bonsai mati. Kamu tidak ingin itu terjadi kan?

PRINSIP PENEMPATAN BONSAI


Pengetahuan tentang prinsip penempatan bonsai harus dikuasai sebelum seseorang menanam bonsai. Berikut ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar hasil dari bonsai sesuai dengan keinginan :
1. Bonsai yang mempunyai batang atau dahan yang cenderung berat ke kanan, maka penanaman di lakukan di sebelah kiri pot, demikian juga sebaliknya.
2. Bonsai yang lebih berat di bagian kanan, namun dahan atau bagian dominannya ada di bagian kiri, maka bonsai tetap di tanam di bagian kanan, demikian juga sebaliknya. Bagian inti yang dominan menjadi kunci. Letak penanaman bonsai jenis ini adalah berlawanan dengan letak bagian yang dominan.

PRINSIP PEMILIHAN POT

Sebelum memilih bentuk pot, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bentuk bonsai yang akan ditanam, karena di situlah letak pertimbangan utamanya.
1. Bentuk Pot Bujur Sangkar, Bundar dan Segi Delapan
Bentuk pot ini cocok untuk bonsai dengan gaya tegak lurus, tegak berliku , menggantung dan setengah menggantung.
2. Bentuk Pot Persegi Panjang, lonjong dan memanjang
Pot bentuk ini biasanya digunakan untuk bonsai yang ditanam tidak di tengah-tengah, tapi sekitar sepertiga bagian pot. Bisa sebelah kanan, bisa juga sebelah kiri, tergantung kecenderungan bentuk bonsai.

PERSIAPAN WADAH

Sebelum melakukan penanaman, harus dipersiapkan potnya dengan pertimbangan-pertimbangan seperti di atas. Ingat, dasar pot harus mempunyai lubang yang cukup sebagai drainase saat penyiraman. Letakkan kawat kasa di atas lubang sebelum diisi dengan media tanam. Tujuannya adalah agar media tanam tidak ikut aliran air saat penyiraman. Air yang keluar disaring oleh kasa tersebut.

PEMINDAHAN BONSAI

Agar proses pemindahan berlangsung dengan baik, maka berikut adalah tips trik yang dapat dilakukan :

1. Lakukan penyiraman pada sekitar tempat tanam ketika tanaman diangkat agar tanah masih ada yang melekat pada akar.
2. Ambil bonsai beserta akarnya, jika plastik pembungkus masih ada, maka bersihkan plastik tersebut.
3. Jaga agar tanah tetap menempel pada akar. Ini akan mempermudah proses adaptasi bonsai di media tanam yang baru.
4. Potong akar yang sudah rusak dan yang tidak dibutuhkan. Akar yang berpotensi merusak keindahan juga sebaiknya dibuang.
5. Letakkan bonsai pada tempat yang sudah disiapkan
6. Atur posisinya sesuai gaya yang diharapkkan.

Demikian uraian tentang upaya menanam bonsai, yang tujuannya bukan hanya semata-mata tanaman tersebut dapat hidup di habitat yang baru, namun juga dapat dinikmati keindahannya. Penanaman yang baik akan menghasilkan bonsai yang cantik dan tampan yang akan memikat para penikmatnya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Penanaman Bonsai Agar Dapat Menjadi Tanaman yang Indah"

Posting Komentar