Tips Agar Bougenville Cepat Berbunga Lebat

Cara Agar Bougenville cepat berbunga lebat
Siapa yang tidak menyukai tanaman Bougenville yang cepat berbunga setelah ditanam? Dan berbunga sepanjang tahun? Wow...!! Menyenangkan bukan? Melihat tanaman yang selalu berbunga dengan aneka warna-warni yang cerah. Berikut cara agar bougenville cepat dan selalu berbunga :

Pencahayaan yang cukup


Bunga Bougenville sangat menyukai sinar matahari. Pastikan tanaman bougenville anda berada di tempat di mana matahari dapat menyinarinya sepanjang hari (full sun). Kekurangan sinar matahari menyebabkan tanaman enggan berbunga.

Tempat menanam

Supaya bougenville dapat berbunga dengan lebat, maka sebaiknya ditanam di sebuah tempat baik itu pot ataupun polybag, tidak di tanah secara langsung. Dengan begitu, maka wadah akan membatasi pertumbuhan akar tanaman. Nutrisi akan lebih difokuskan untuk menghasilkan bunga, bukan ke akar.
Media tanam yang terbatas juga memudahkan untuk memberikan pupuk yang tepat. Kesuburan tanah atau media tanam lebih terkontrol. Bagaimana jika anda ingin menanamnya di taman? Bisa saja, dengan cara menanam beserta potnya sekalian yang ditanam di dalam tanah.

Penyiraman yang cukup

Bunga kertas tidak membutuhkan banyak air. Penyiraman dapat dilakukan 1-2 kali dalam sehari. Menyiram terlalu banyak air tidak dianjurkan, karena hal ini akan menghambat munculnya bunga. Perlu diketahui bahwa ketika air pas-pas an, maka tanaman terpacu untuk menghasilkan bunga.

Pemupukan

Untuk mendapatkan bunga bougenville yang lebat, maka gunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing atau ayam. Kotoran sapi biasanya digunakan untuk masa pertumbuhan akar dan tunas daun. Untuk bunga lebih bagus yang berasal dari kambing atau ayam.
Diperlukan pengalaman yang cukup untuk menggunakan pupuk kimia. Untuk meransang munculnya bunga, gunakan pupuk NPK dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi misal 6-30-30. Kandungan Phospor dan Kalium akan merangsang tanaman untuk menumbuhkan tunas bunga. Kesalahan utama dalam penggunaan pupuk kimia adalah pada takaran dosisnya.

Pemula bisa berlatih dalam penggunaan pupuk kimia ini dengan cara mencoba memberikan dosis yang berbeda-beda antara tanaman satu dengan lainnya. Patokan awal adalah 1 sendok teh per tanaman dalam media yang sama. Buat takaran dengan dosis plus minus dari itu buat diaplikasikan di beberapa tanaman. Lakukan pencatatan mengenai dosis dan perkembangan masing-masing tanaman. Dosis yang tepat akan membuat tanama cepat berbunga dan berbunga lebat. Takaran itu yang harus dipertahankan untuk pemberian pupuk pada periode-periode berikutnya.

Pemangkasan (Pruning) secara teratur


Ranting yang tumbuh liar akan merusak keindahan tanaman. Nutrisi yang diserap oleh akar juga jadi terbuang gara-gara harus memenuhi kebutuhan ranting liar tersebut, sehingga bagian utama yaitu yang bertugas memproduksi bunga kekurangan bahan.

Oleh karena itu pemangkasan perlu dilakukan secara berkala. Pruning dilakukan pada dahan, ranting dan daun yang sekiranya akan merusak bentuk secara keseluruhan. Dengan pemangkasan yang benar, bunga akan cepat bermekaran.

Tips tambahan “Agar Bougenville Berbunga Warna-Warni” :

Apakah anda pernah dalam satu tanaman bougenville terdapat bunga yang berwarna-warni? Biasanya dalam kondisi normal, 1 tanaman menghasilkan 1 jenis bunga 1 warna. Namun ada teknik yang bisa dipelajari agar bougenville anda dapat berbunga dengan warna-warni yang berbeda. Bukankah akan terlihat lebih indah?

Teknik tersebut biasa dinamakan teknik ovulasi atau penyambungan. Tunas-tunas muda atau pucuk disambungkan pada tanaman dewasa dari jenis bougenville yang lain. Biarkan pucuk-pucuk yagn disambung tadi tumbuh dan menyatu dengna batang tanaman utama. Cara ini akan menghasilkan tanaman dengan pucuk yang berasal dari bermacam-macam bougenville. Tunas tersebut membawa sifat bunga sesuai dengan tanaman indukan awal.

Jadi, meskipun menanam bougenville agar dapat hidup termasuk hal yang mudah, tapi untuk menghasilkan bunga yang lebat, sepanjang tahun dan warna-warni tetaplah membutuhkan keterampilan khusus. Semoga uraian ini bermanfaat, Selamat berkarya.... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Bougenville Cepat Berbunga Lebat"

Posting Komentar